Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biar Paham, Ini Cara Baca Kode Aki Mobil

Kompas.com - 18/06/2022, 10:31 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki atau baterai pada kendaraan memiliki jenis yang sangat beragam, tergantung dari kebutuhan.

Mulai yang bebas perawatan, aki hybrid yang memiliki indikator kondisi massa jenis air aki, serta berbagai macam ukuran dan kapasitas.

Untuk pasar Indonesia, ada dua tipe yang populer, yakni JIS (Japan Industrial Standard) dan DIN (Deutsches Institut fur Normung).

Tapi dari keduanya, JIS lebih sering ditemui karena kebanyakan kendaraan bermotor didominasi merek Jepang. 

Baca juga: Kebiasaan Buruk Penyebab Kampas Kopling Mobil Manual Cepat Habis

Nah, bagi pemilik mobil yang sedang berencana membeli aki tipe JIS, Suprawitno, Kepala Toko Shop & Drive Penggaron mengatakan, pemilik harus bisa memahami kode-kode yang ada agar tak salah dalam memilih.

“Cara membaca kode aki, khususnya JIS cukup mudah, contohnya aki dengan kode 55D23L, ini artinya aki tersebut memiliki kapasitas sekitar 60 ampere dengan dimensi sedang dan terminal positif di sebelah kiri,” ucap Suprawitno kepada Kompas.com, Kamis (16/6/2022).

Ruang mesin Chery Tiggo 7 ProKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Ruang mesin Chery Tiggo 7 Pro

Lebih detail soal penjabarannya yakni, 55 merupakan kode kapasitas aki, namun itu bukan angka sesungguhnya melainkan masih perlu dikalkulasikan dengan rumus ditambah 20 persen lalu dikurangi 10 persen.

Sehingga bila diakumulasi secara sederhana, 55+11= 66-6,6=59,4. Dengan demikian, kapasitas aki tersebut bisa dibilang sebesar 60 ampere.

Untuk D merupakan kode dimensi yang meliputi rasio lebar dan tinggi baterai. Semakin mendekati Z maka dimensinya semakin besar, sementara 23 adalah panjang dari aki.

Baca juga: Daftar Harga Aki Mobil per Juni 2022

Ganti air aki mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ganti air aki mobil

Jadi, selain memperhatikan kapasitas aki, pelanggan juga perlu memperhatikan dimensi aki agar tidak menyusahkan ketika meletakkan aki pada kendaraan. Karena dudukan aki ada batasannya, sesuai dengan ketentuan pabrik.

Dan yang terakhir huruf L menandakan terminal positif aki tersebut berada di sebelah kiri, karena ada beberapa kendaraan memiliki letak kabel terminal baterai yang berbeda-beda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com