PO JRG Tambah Dua Unit Baru dengan Sasis Premium, Pakai Bodi Laksana

Kompas.com - 09/07/2022, 12:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Jasa Rahayu Gumpueng (JRG) asal Banda Aceh baru saja merilis dua bus baru dari Karoseri Laksana di Ungaran, Jawa Tengah.

Kedua bus baru tersebut menggunakan bodi Legacy SR2 XHD Prime yang dibangun di atas sasis Mercedes Benz 1836. Secara tampilan eksterior, warna bus dibuat merah layaknya unit PO JRG yang lain.

Selain itu, livery yang digunakan juga sama dengan unit sebelumnya, yakni rumah adat Banda Aceh di bagian samping belakang. Selain itu huruf 'R' pada 'JRG' juga modelnya seperti singa.

Baca juga: Bus Baru PO Kencana, Pakai Bodi Avante D2 Double Decker Berkelir Pink

Bus AKAP baru PO JRGDOK. LAKSANABUS Bus AKAP baru PO JRG

Untuk bagian luar, nampak bodi SR2 XHD Prime milik JRG ini keluaran yang lama. Bisa dilihat dari model bumpernya yang mengikuti tipe S Series, bukan Panorama Series yang belum lama ini meluncur.

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, untuk bodi milik PO JRG ini memang baru diambil, jadi sudah cukup lama berada di karoseri. Untuk bagian kabin, bisa dibilang cukup standar.

"Bangku yang digunakan sudah dilengkapi leg rest dan posisinya 2-2. Ada toilet di tengah dan sekat di depan," ucap Werry kepada Kompas.com, Sabtu (9/7/2022).

Baca juga: Mana yang Terbaik, Transmisi Matik Model AT, CVT, atau DCT?

Sekat Bus AKAP baru PO JRGDOK. LAKSANABUS Sekat Bus AKAP baru PO JRG

Mengingat sasis yang digunakan adalah 1836, maka bodi XHD Prime bisa dibuat dengan panjang 12,8 meter. Oleh karena itu, kabin bisa jadi lebih lega dan penumpang bisa duduk dengan jarak bangku yang lebar.

Kemudian, sekat yang dipasang di depan juga punya ukuran kaca yang lebar. Jadi walaupun dihalangi, penumpang tetap bisa melihat dengan jelas ke arah depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.