Benar atau Tidak, Motor Injeksi Tak Boleh Sampai Kehabisan Bensin?

Kompas.com - 07/07/2022, 16:32 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Bagi pemilik sepeda motor sering kali mengabaikan mengisi bahan bakar. Kadang sampai jarum indikator berada di posisi E (empty) saja masih tak digubris.

Pasalnya, kondisi tersebut tak hanya bikin repot, tapi juga dianggap bisa merugikan karena berpotensi merusak sistem injeksi.

Lantas apakah benar demikian?

Kepala Bengkel Yamaha Motor Mataram Sakti Hari Santoso menjelaskan, pasokan bahan bakar yang minim diklaim bisa membuat mesin lebih cepat panas.

Baca juga: Motor Injeksi Masih Butuh Ritual Memanaskan Mesin?

"Karena itu, indikator strip bensin bila ada di posisi E, suplai BBM ke mesin berkurang. Jadi, putaran gas spontan tiba-tiba mesin brebet," kata Hari kepada Kompas.com, Kamis (7/7/2022). 

Ilustrasi Honda Genio 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Honda Genio 2022

Hari juga menjelaskan, tangki bensin yang kosong dapat mempengaruhi kinerja fuel pump bahan bakar. 

"Dalam pompa bensin terdapat regulator fuel pump, cara kerjanya jika terendam bensin penuh kinerjanya akan lebih optimal," ucapnya. 

Namun pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar, sebelumnya Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, kosongnya bahan bakar pada motor injeksi tak serta merta membuat komponen rusak.

Baca juga: Belajar Motor, Lebih Baik Dimulai Pakai Matik atau Bebek?

Menurut Endro, sistem injeksi hanya bekerja ketika ada suplai bahan bakar dari tangki kendaraan. Jika posisinya kosong, otomatis sistem injektor pun tidak akan bekerja.

Petugas melayani pengisian BBM di SPBU Pertamina 31.40101 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat memastikan stok BBM dan LPG selama Ramadhan hingga arus mudik lebaran Idul Fitri aman dan saat ini seluruh infrastruktur telah disiagakan meliputi delapan Terminal BBM, lima Terminal LPG, lima depot pengisian pesawat udara dan lebih dari 1900 lembaga penyalur BBM se-Jawa Bagian Barat serta lebih dari 38 ribu lembaga penyalur LPG.ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA Petugas melayani pengisian BBM di SPBU Pertamina 31.40101 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat memastikan stok BBM dan LPG selama Ramadhan hingga arus mudik lebaran Idul Fitri aman dan saat ini seluruh infrastruktur telah disiagakan meliputi delapan Terminal BBM, lima Terminal LPG, lima depot pengisian pesawat udara dan lebih dari 1900 lembaga penyalur BBM se-Jawa Bagian Barat serta lebih dari 38 ribu lembaga penyalur LPG.

"Sistem injeksi tidak terpengaruh apabila motor kehabisan bensin. Jadi tidak masalah. Motor kehabisan bensin ya pasti mogok. Namun, sesudah diisi bensin tetap bisa dihidupkan normal," kata Endro, beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

 

 

 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.