Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Isi Bensin, Pengendara Harus Turun dari Sepeda Motor

Kompas.com - 07/07/2022, 13:21 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat melakukan pengisian bahan bakar mesin (BBM), pengendara motor yang tangki bensinnya berada di bawah jok motor harus turun dari kendaraannya.

Namun pada beberapa motor yang tangki bensinnya berada di depan, banyak pengendara motor yang memilih untuk tidak turun dari motor. Padahal, seharusnya pengendara motor tetap turun dari kendaraannya saat melakukan pengisian BBM untuk menghindari potensi terjadinya bahaya.

Kepala SPBU Pertamina Cikini dan Pramuka Paimin menjelaskan bahwa pengendara motor harus turun dari motor dan memasang standar motornya. Ini dilakukan utnuk menghindari penyebaran, jika terjadi percikan atau munculnya api.

Baca juga: Alasan Kenapa Mobil Masih Bisa Jalan meskipun Indikator Bensin E

"Untuk pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM), wajib mematikan mesin. Karena panas mesin disekitar area pengisian sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kebakaran. Untuk roda dua pada saat pengisian BBM wajib standard dan turun dari motor," ucap Paimin kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, saat ada percikan api di sekitar pengendara atau sepeda motor, maka pemilik cenderung akan panik dan membanting motornya. Ini dapat memperparah kebakaran dan membuat api menyebar.

Maka, penting bagi pengendara sepeda motor untuk memasang standar dan turun dari motor saat melakukan pengisian BBM.

Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU 24.361.77 Mayang Mangurai, Kota Baru, Jambi, Kamis (14/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengerahkan 384 unit armada mobil tangki, 27 unit bridger avtur, dan menyiapkan 174 unit skid tank untuk LPG, serta 16 titik SPBU kantung dan 15 titik layanan motoris pada jalur mudik guna mengamankan pasokan energi selama Ramadhan dan mudik Lebaran tahun 2022.ANTARA FOTO/WAHDI SEPTIAWAN Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU 24.361.77 Mayang Mangurai, Kota Baru, Jambi, Kamis (14/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengerahkan 384 unit armada mobil tangki, 27 unit bridger avtur, dan menyiapkan 174 unit skid tank untuk LPG, serta 16 titik SPBU kantung dan 15 titik layanan motoris pada jalur mudik guna mengamankan pasokan energi selama Ramadhan dan mudik Lebaran tahun 2022.

Baca juga: Suzuki S-Presso Sudah Bisa Dipesan, Harga Mulai Rp 155 Juta

"Saat panik, umumnya motor akan ditinggal begitu saja atau dijatuhkan. Pemilik akan kabur menjauhi sumber api tadi. Perilaku seperti ini yang ingin dihindari, karena potensi api tambah besar dan menyebar," ucap Paimin.

Dengan turun dari motor dan memasang standar, pemilik kendaraan tinggal menyelamatkan diri jika ada percikan api ataupun kebakaran. Kemudian, penanganannya akan lebih cepat karena api tidak cepat menyebar ke mana-mana.

Baca juga: Resmi Dirilis, Kapan AHM Masukkan Motor Naked CB250R?

Selain itu, penting bagi pengendara motor untuk mematikan mesin kendaraannya. Sebab, mesin kendaraan adalah unsur pemantik api.

"Ketika didukung udara dan ada zat pembakaran yakni uap bensin, maka hanya butuh sepersekian detik dari keadaan normal untuk memicu api," ucap Paimin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com