Panel Stewards Banyak Dikritik, Bos Dorna Bergeming

Kompas.com - 04/07/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Dorna Carmelo Ezpeleta bergeming soal banyaknya kritik kepada panel stewards usai memberikan sanksi long lap penalty kepada Fabio Quartararo karena insiden di GP Belanda.

Seperti diketahui Quartararo mendapat sanksi atas insidennya dengan pebalap Aprilia Aleix Espargaro. Situasi ini terbalik dari kejadian Takaaki Nakagami yang tidak diberi sanksi apapun ketika balapan sebelumnya di GP Jerman.

Padahal kejadian GP Belanda, Aleix tidak jatuh dan bisa menyelesaikan balap di posisi keempat. Sedangkan di GP Jerman, Takaaki menyeret Alex Rins dan Francesco Bagnia hingga jatuh dan tidak bisa melanjutkan balap.

Baca juga: Biar Tak Salah, Ini Perbedaan Komponen Fast Moving dan Slow Moving

Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, setelah melewati garis finis balapan MotoGP Portugal 2022 yang dihelat di Sirkuit Algarve pada Minggu (24/4/2022) malam WIB.AFP/ PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, setelah melewati garis finis balapan MotoGP Portugal 2022 yang dihelat di Sirkuit Algarve pada Minggu (24/4/2022) malam WIB.

Orang nomor satu Dorna tersebut punya argumennya sendiri, tapi dia mengatakan tidak akan bilang apa yang dia pikirkan kepada media. Sebab secara implisit hal itu akan membuat gejolak.

"Saya menilai para komisaris pada akhir tahun, dan memberi tahu kepada FIM apakah saya menyukai mereka atau tidak. Apa yang saya pikirkan sekarang, saya simpan untuk diri saya sendiri," kata Ezpeleta mengutip Motorsport-Total.com, Minggu (3/7/2022).

"Apa yang mereka lakukan, mereka lakukan karena mereka pikir itu benar. Satu-satunya hal yang bisa saya katakan adalah bahwa segala sesuatunya tidak sejelas kelihatannya," kata dia.

Baca juga: Waktu Penggantian Oli Matik Sesuaikan dengan Buku Panduan Servis

Pebalap Honda LCR Takaaki Nakagami (tengah) terjatuh sehingga berdampak pada jatuhnya pebalap Suzuki Alex Rins (kanan) dan pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) pada MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya pada 5 Juni 2022 di Montmelo di pinggiran Barcelona.AFP/LLUIS GENE Pebalap Honda LCR Takaaki Nakagami (tengah) terjatuh sehingga berdampak pada jatuhnya pebalap Suzuki Alex Rins (kanan) dan pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) pada MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya pada 5 Juni 2022 di Montmelo di pinggiran Barcelona.

Ezpeleta mengatakan wajar jika ada pebalap yang tak setuju dengan keputusan stewards. Tapi caranya juga mesti dijaga, jangan seperti Alex Rins yang membuat pernyataan yang seolah panel juri tak punya kapasitas.

“Seringkali pebalap sendiri di komisi keselamatan tidak setuju. Saya rasa tidak masalah ada pebalap yang tidak setuju dengan beberapa keputusan. Yang saya tidak suka adalah caranya,” jelas bos Dorna.

Baca juga: Harga Oli Transmisi Mobil Matik per Juli 2022

Aprilia Spanish rider Aleix Espargaro rides during the fourth MotoGP free practice session of the Moto Grand Prix de Catalunya at the Circuit de Catalunya on June 4, 2022 in Montmelo on the outskirts of Barcelona. (Photo by Pau BARRENA / AFP)PAU BARRENA Aprilia Spanish rider Aleix Espargaro rides during the fourth MotoGP free practice session of the Moto Grand Prix de Catalunya at the Circuit de Catalunya on June 4, 2022 in Montmelo on the outskirts of Barcelona. (Photo by Pau BARRENA / AFP)

"Jika Rins mengatakan bahwa 'Saya tidak setuju dengan apa yang mereka lakukan', maka tidak apa-apa. Tapi hati-hati dengan klaim bahwa mereka payah," kata Ezpeleta.

Namun, di sisi lain ada analisa liar yang berkembang mengapa Quartararo diberikan sanksi. Salah satunya ialah agar persaingan perebutan gelar juara dunia di semester kedua lebih menarik.

Saat ini Quartararo memimpin klasemen dengan raihan 172 poin. Hanya tertinggal 21 poin dari Aleix Espargaro di posisi kedua. Susul-susulan poin akan membuat tontonan jadi lebih menarik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.