Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panel Stewards Banyak Dikritik, Bos Dorna Bergeming

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Dorna Carmelo Ezpeleta bergeming soal banyaknya kritik kepada panel stewards usai memberikan sanksi long lap penalty kepada Fabio Quartararo karena insiden di GP Belanda.

Seperti diketahui Quartararo mendapat sanksi atas insidennya dengan pebalap Aprilia Aleix Espargaro. Situasi ini terbalik dari kejadian Takaaki Nakagami yang tidak diberi sanksi apapun ketika balapan sebelumnya di GP Jerman.

Padahal kejadian GP Belanda, Aleix tidak jatuh dan bisa menyelesaikan balap di posisi keempat. Sedangkan di GP Jerman, Takaaki menyeret Alex Rins dan Francesco Bagnia hingga jatuh dan tidak bisa melanjutkan balap.

Orang nomor satu Dorna tersebut punya argumennya sendiri, tapi dia mengatakan tidak akan bilang apa yang dia pikirkan kepada media. Sebab secara implisit hal itu akan membuat gejolak.

"Saya menilai para komisaris pada akhir tahun, dan memberi tahu kepada FIM apakah saya menyukai mereka atau tidak. Apa yang saya pikirkan sekarang, saya simpan untuk diri saya sendiri," kata Ezpeleta mengutip Motorsport-Total.com, Minggu (3/7/2022).

"Apa yang mereka lakukan, mereka lakukan karena mereka pikir itu benar. Satu-satunya hal yang bisa saya katakan adalah bahwa segala sesuatunya tidak sejelas kelihatannya," kata dia.

Ezpeleta mengatakan wajar jika ada pebalap yang tak setuju dengan keputusan stewards. Tapi caranya juga mesti dijaga, jangan seperti Alex Rins yang membuat pernyataan yang seolah panel juri tak punya kapasitas.

“Seringkali pebalap sendiri di komisi keselamatan tidak setuju. Saya rasa tidak masalah ada pebalap yang tidak setuju dengan beberapa keputusan. Yang saya tidak suka adalah caranya,” jelas bos Dorna.

"Jika Rins mengatakan bahwa 'Saya tidak setuju dengan apa yang mereka lakukan', maka tidak apa-apa. Tapi hati-hati dengan klaim bahwa mereka payah," kata Ezpeleta.

Namun, di sisi lain ada analisa liar yang berkembang mengapa Quartararo diberikan sanksi. Salah satunya ialah agar persaingan perebutan gelar juara dunia di semester kedua lebih menarik.

Saat ini Quartararo memimpin klasemen dengan raihan 172 poin. Hanya tertinggal 21 poin dari Aleix Espargaro di posisi kedua. Susul-susulan poin akan membuat tontonan jadi lebih menarik.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/04/104200215/panel-stewards-banyak-dikritik-bos-dorna-bergeming

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke