Biar Tak Salah, Ini Perbedaan Komponen Fast Moving dan Slow Moving

Kompas.com - 03/07/2022, 18:41 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Merawat mobil kesayangan tak hanya membawa ke bengkel resmi untuk klaim servis berkala 6 bulan sekali. Tetapi, alangkah baiknya mengenali seluk-beluk jenis-jenis spare part yang biasa dikenal dengan istilah cukup asing. 

Pabrikan mendesain sebuah mobil dengan beberapa komponen vital. Istilahnya komponen fast moving dan slow moving

Lalu, sebenarnya bagaimana mengetahui perbedaan kedua komponen utama kendaraan tersebut? 

Baca juga: Kenali Beberapa Spesifikasi Oli Matik

Mengulas lebih mendalam, Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Gombel Mohammad Syafruddin mengatakan, perbedaan umum kedua jenis komponen tersebut dari usia pemakaian. Bengkel resmi merekap data poin-poin list service untuk servis berkala periode 6 bulan. 

"Kalau service berkala setiap interval 6 bulan sekali, komponen-komponen utama ruang mesin meliputi pembakaran, pengapian, dan bahan bakar di bersihkan," ujar Syafruddin kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Ia mengatakan, jenis part fast moving adalah jenis komponen mobil yang jadi poin cek riwayat servis tiap 6 bulan. Pasalnya, usia pakai komponen tersebut sesuai periode servis ada standar tingkat keausan. 

Penyetelan komponen roda kendaraan untuk memastikan akurasi sumbu roda. Dicky Aditya Wijaya Penyetelan komponen roda kendaraan untuk memastikan akurasi sumbu roda.

"Jika kondisinya sudah tidak sesuai standar service, mekanik bisa saja mengajukan ke pemilik untuk pergantian diluar jadwal. Tetapi jika ternyata tetap bisa dilakukan setel ulang, sesuai jadwal bisa dilakukan pergantian sparepart untuk periode servis berkala menyesuaiakan kilometer berjalan," katanya. 

Syafrudin merinci, jenis komponen fast moving sesuai list data poin cek service 6 bulan yakni oli, filter, dan busi. Kemudian, aftersales service Toyota mengkategorikan ulang jenis part very fast moving. Totalnya, ada dua komponen yakni oli dan filter oli. 

Baca juga: Apa Jadinya Bila Mobil CVT Salah Isi Oli Transmisi?

Kemudian, kategori part medium fast moving adalah jenis komponen mobil yang masuk check list buku servis, tetapi sesuai rekomendasi bengkel resmi tergantung medan jalan pemakaian. 

"Produsen Toyota membaginya lebih spesifik, nantinya bengkel melakukan rekap data kepada pemilik mobil terutama riwayat pemakaian mobil," ungkap Syafruddin. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.