Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Pengemudi Toyota Rush Adang Angkot yang Nekat Lawan Arah

Kompas.com - 30/06/2022, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lawan arah saat berkendara seakan sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian pengguna jalan.

Meski negatif dan melanggar aturan lalu lintas, perilaku tersebut masih saja terjadi hingga tak jarang yang berujung konflik antar sesama pengguna jalan.

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun Instagram @romansasopirtruck. Dalam rekaman itu, terlihat penumpang truk yang merekam aksi pengemudi Toyota Rush mengadang angkutan kota (angkot) yang nekat melawan arah di tengah kemacetan.

Baca juga: Efek Buruk Konsumsi Solar Murah bagi Mesin Diesel Common Rail

Padahal, lalu lintas di jalur kiri pengemudi Toyota Rush itu terlihat lenggang. Namun, nampaknya sopir SUV berwarna putih itu ingin memberikan pelajaran bagi pengguna jalan untuk tertib dan tidak melawan arah.

Berdasarkan informasi yang tim redaksi terima dari pemilik akun Instagram @romansasopirtruck, diketahui kejadian ini terjadi di depan pabrik Torabika, Cikupa, Tangerang, pada Selasa (28/6/2022).

Aksi pengemudi Toyota Rush itupun mendapat banyak sanjungan dari warganet.

“Angkot ugal2an GK tau aturan memang harus di begitu kan...bravo supir Rush putih...kami terwakili…,” tulis komentar warganet.

“Gua demen nih sama si Rush,...lanjutkan pak,” tulis komentar lainnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pengemudi agresif seperti itu biasanya berani mengambil risiko bahaya dan cenderung membahayakan orang lain.

“Perlu diketahui, macet bagian dari risiko yang harus ditanggung bersama. Tidak ada yang harus diprioritaskan, jadi gunakan etika afar tertib dan aman,” ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Sony, tidak sedikit pengendara yang memberi dan mengambil kesempatan saat jalanan macet. Pengemudi yang mengambil kesempatan itulah yang sering mengambil jalur lawan arah.

“Pengemudi yang seperti itu (mengambil kesempatan saat jalan macet) sebaiknya dikasih ruang, dan dijauhi. Karena kalau dihambat kadang berujung konflik atau serempet,” kata dia.

Sony melanjutkan, adalah hal yang wajar jika pengemudi merasa kesal ketika memberi ruang untuk sopir agresif. Namun lebih baik biarkan saja selama tidak merugikan, karena pengemudi seperti itu akan kena batunya.

“Pengemudi tipe agresif kalau ditegur bisa konflik. Kecelakaan saja belum tentu membuat mereka jera, jadi harus lebih matang dalam berpikir,” ucapnya.

Baca juga: Daftar Kerugian Jika Mobil Mewah Sering Isi Pertalite

Aturan dan Sanksi

Menurut Undang-Undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 287 ayat 1 dan 2, menyatakan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar aturan perintah, yang diisyaratkan oleh rambu lalu lintas atau alat pemberi isyarat lalu lintas, bisa dipidana dengan kurungan dua bulan atau denda Rp 500.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com