Respons Toyota Jelang Kehadiran Hyundai Stargazer, Calon Lawan Avanza

Kompas.com - 30/06/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMDI) sudah mengunggah teaser Stargazer di media sosial.

Hadirnya Stargazer akan memberikan warna baru pada segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) alias MPV murah. Mobil ini digadang akan menjadi pesaing baru dari Toyota Avanza dan Veloz, Daihatsu Xenia, dan lainnya.

Meski begitu, Toyota cukup santai menghadapi kehadiran rival baru di segmen MPV murah. Toyota pun optimistis bisa mempertahankan posisinya dengan beragam keunggulan yang ditawarkan.

Baca juga: Menjajal Fitur Andalan T Intouch dan TSS pada Toyota Veloz

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, kehadiran produk baru, baik dari Toyota maupun brand lain, sebetulnya merupakan tren positif bagi market atau pasar otomotif.

“Pada saat market naik, ini menjadi kesempatan untuk semua brand,termasuk buat Toyota juga. Mungkin orang hanya melihat dari sisi kompetisi saja, tapi kita melihat dari peluang,” ucap Anton saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (29/6/2022).

All New VelozDoc Toyota All New Veloz

Anton melanjutkan, jika dilihat dari sisi produk persaingan fitur memang semakin ketat. Tetapi, menurutnya, Avanza dan Veloz memiliki nilai yang cukup unik untuk menaikkan pasar dan membantu penjualan Toyota.

“Rata-rata dari brand lain mengandalkan satu fokus, tapi dari kami mengandalkan dua fokus. Avanza yang relatif lebih terjangkau, value for money. Veloz lebih premium dan high end, dengan fitur lebih banyak dan saya rasa salah satu fitur terbaik di segmennya,” kata dia.

Baca juga: 3 Musuh Utama Cat Mobil Jikalau Parkir di Tempat Terbuka

Lebih lanjut lagi, menurut Anton, dalam menjual mobil tidak hanya bicara mengenai fitur dan produk, tapi bagaimana reliability dari suatu produk. Hal ini yang membuat pihaknya yakin bahwa Avanza dan Veloz sudah punya pasar yang kuat.

“Avanza dan Veloz merupakan brand yang sudah cukup lama dan terkenal memiliki harga jual yang baik, terlebih lagi ditopang dengan layanan dan juga after sales yang kuat. Jadi itu merupakan salah satu dari poin penjualan kita,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.