Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2022, 15:48 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain ada Yamaha Mio M3, FreeGo, X-Ride, Fino, Gear 125, dan yang paling baru Fazzio, Yamaha juga masih punya All New Soul GT pada jajaran skutik 125 cc mereka.

Namun kini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah menyuntik mati skutik pesaing Honda Vario 125 itu. Hal ini terlihat dari website resmi Yamaha yang tidak lagi memajang All New Soul GT.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT YIMM, mengakui bahwa saat ini pihaknya sudah tidak lagi menjual All New Soul GT.

Baca juga: Ini Mobil yang Berpotensi Tidak Bisa Beli Pertalite Lagi

Peserta turing Yamaha All New Soul GT 125 saat perjalanan menuju Jember, Jawa Timur, Kamis (9/4/2015). Turing di hari ke-6 rute Batu-Jember ini berjarak sekitar 200 kilometer dan diselesaikan peserta dengan waktu 10 jam.KOMPAS.COM / RODERICK ADRIAN MOZES Peserta turing Yamaha All New Soul GT 125 saat perjalanan menuju Jember, Jawa Timur, Kamis (9/4/2015). Turing di hari ke-6 rute Batu-Jember ini berjarak sekitar 200 kilometer dan diselesaikan peserta dengan waktu 10 jam.

“Iya saat ini sudah tidak diproduksi lagi,” ujar Antonius, kepada Kompas.com (30/6/2022).

Memang usia Yamaha All New Soul GT ini terbilang cukup lama, karena telah meluncur sejak 2015. Sebelumnya pada awal Juni 2022, All New Soul GT masih dijual dengan harga resmi Rp 17,3 juta dan Rp 17,8 juta untuk tipe AKS SSS.

Sementara itu, penyegaran terakhir dilakukan Yamaha pada penghujung 2017. Waktu itu All New Soul GT mendapat kelir anyar yang diklaim membuat tampilannya lebih gagah.

Baca juga: Jangan Lupa, Catat Daftar Jalan Tol yang Terapkan Sistem ETLE

Penyegaran pada varian Soul GT AKS SSS (Advance Key System - Stop & Start System) grafisnya lebih gagah. Sedangkan Soul GT AKS (Advance Key System) lebih ke arah stylish dan juga modern.

Adapun, untuk pilihan warna tipe GT AKS SSS tersedia Tough Green Gold (hijau). Tiga warna lainnya atersedia di Soul GT AKS, yakni Tough Green (hijau), Challenger Gunmetal (abu-abu), dan Bravery Black (hitam).

Bicara soal segmen, All New Soul GT ini sebetulnya berada di atas Mio M3 karena harganya yang sedikit lebih mahal.

Baca juga: Masih Banyak Pelaku Lane Hogger di Jalan Tol Belum Sadar Bahaya

Yamaha All-New Soul GT tidak dilengkapi radiator karena sudah bermesin Blue Core.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Yamaha All-New Soul GT tidak dilengkapi radiator karena sudah bermesin Blue Core.

Meski beda harga tapi sebenarnya mesin yang dipakai kedua motor ini identik, yakni sama-sama berkubikasi 125 cc, dengan ukuran bore x stroke, 52,4 mm x 57,9 mm, dan tenaganya juga sebesar 9,3 tk pada 8.000 rpm serta torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

Namun All New Soul GT punya fitur lampu LED di depan, sementara Mio M3 halogen biasa. Selain itu kemampuan akomodasi dari bagasi juga berbeda.

Mio M3 125 kapasitas bagasinya hanya 10,1 liter, sedangkan All New Soul GT dibekali bagasi seluas 14 liter. Bagasi All New Soul GT ini juga cukup buat membawa helm open face.

Baca juga: Catat, Ini Syarat Mendaftar Beli Pertalite dan Solar Mulai 1 Juli

All-New Yamaha Soul GT 125Donny Apriliananda/KompasOtomotif All-New Yamaha Soul GT 125

Perbedaan lainnya ada pada ukuran roda, di mana pelek All New Soul GT dibalut ban dengan ukuran 80/80 dan 100/70. Sementara Mio M3 ukuran bannya 70/90 dan 80/90.

Perbedaan terakhir ada pada fitur Advance Key System (AKS) yang tersedia pada semua varian All New Soul GT, termasuk versi standar.

AKS memungkinkan untuk menutup lubang tempat kunci kontak hanya dengan menekan tombol yang ada pada anak kunci. Sedangkan Mio M3 memang punya juga fitur ini, tapi hanya di tipe AKS SSS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com