Menguji Fitur Anti Tabrak di Toyota Veloz, Ini Hasilnya

Kompas.com - 30/06/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi lalu lintas yang kerap macet terutama di jalan Ibu Kota kerap membuat pengemudi alami kelelahan.

Rasa lelah ini bisa menyebabkan konsentrasi pengemudi terganggu, seperti tanpa sadar menekan pedal gas, atau lupa mengubah posisi tuas ke netral sehingga mobil terus meluncur dan tanpa sengaja menabrak kendaraan yang berada di depan.

Untuk menghindari kejadian seperti itu, produsen otomotif Toyota, menyematkan fitur keamanan Toyota Safety Sense (TSS) pada beberapa kendaraan terbarunya, seperti pada All New Veloz.

Baca juga: Kendala Material dan Inflasi, Toyota Segera Kerek Harga Mobil

Dalam kegiatan media experience bertajuk Safe Jakarta, Tim redaksi pun berkesempatan menguji coba fitur untuk mencegah tabrakan pada Toyota Veloz yakni Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking.

Untuk menguji kedua fitur ini disediakan sebuah objek menyerupai bagian belakang All New Veloz (dummy) sebagai penanda.

All New Veloz - Pre-Collision Brake Doc Toyota All New Veloz - Pre-Collision Brake

Kemudian, tim redaksi diminta untuk melaju dengan kecepatan konstan menuju objek tersebut tanpa menginjak pedal rem. Pedal gas pun ditekan dengan kecepatan 40 Km.

Saat mendekati objek, fitur Pre-Collision Brake langsung mendeteksi adanya benda tersebut. Mobil pun langsung berhenti dengan sendirinya tanpa pengemudi menginjak rem.

Baca juga: Isyarat Hyundai Mau Mengembangkan Ioniq 6 Lebih dari Sekadar Sedan

Setelah mobil berhenti, pengemudi sebaiknya langsung sigap untuk menginjak pedal rem, agar mobil tidak meluncur menabrak kendaraan yang berada di depannya.

Namun perlu digaris bawahi, fitur ini baru akan bekerja jika pengemudi dalam kecepatan yang konstan, tidak melepas pedal gas ataupun menginjak rem. Pasalnya, jika hal tersebut dilakukan, sensor tidak bisa terbaca dan fitur ini tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.