Motor Listrik Jadi Kendaraan Dinas Polisi di China

Kompas.com - 23/06/2022, 19:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Jajaran polisi lalu lintas di China kabarnya bakal menggunakan motor listrik sebagai kendaraan dinasnya. Sebagai pasar kendaraan listrik terbesar di dunia, rasanya tidak salah jika aparat penegak hukum di sana mulai menjajal motor listrik.

Dilansir dari Paultan (23/6/2022), polisi kota di China akan menggunakan sepeda motor listrik, khususnya CFMoto 300GT-E.

Selain mengejar penghematan yang diwujudkan dari pengurangan konsumsi bahan bakar dan perawatan rutin yang lebih sederhana bagi kepolisian.

Baca juga: Kejadian Lagi, Mobil Jatuh Kelontang Saat Cuci Hidrolik

CFMoto 300GT-EPAULTAN.org CFMoto 300GT-E

Sepeda motor bermesin bakar saat ini sudah dilarang atau dibatasi penggunaannya di kota-kota besar di China, seperti Beijing dan Shanghai.

Sementara itu, platform 300GT-E kabarnya juga akan dirancang untuk berbagai keperluan lainnya.

Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa model motor listrik masa depan akan datang dari kota Hangzhou, markas CFMoto di China.

Baca juga: Viral, Video Konvoi Pajero Dikawal Mobil Polisi Terobos Macet

Adapun performa 300GT-E berasal dari motor listrik berpendingin cairan, yang terpasang di tengah dengan tenaga 18 kW atau setara 24 tk, dan diatur dengan kecepatan tertinggi 120 kpj.

Meskipun memiliki daya tempuh yang terbatas, motor ini disebut mampu berpatroli di jalan-jalan kota.

Karena CFMoto mengklaim jarak tempuhnya berada di kisaran 150 km dari baterai yang terisi penuh.

Sedangkan soal fitur, terdapat konektivitas ke database polisi dan komunikasi onboard dilakukan melalui layar TFT 7,0 inci, yang mencakup status kendaraan berbasis cloud dan navigasi lokasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.