Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Tes di Indonesia, Motor Listrik Yamaha E01 Cuma 20 Unit

Kompas.com - 21/06/2022, 08:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik Yamaha E01 sudah dipajang di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Namun belum diluncurkan untuk umum karena masih tahap uji coba.

Manager Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro, mengatakan, di Indonesia Yamaha E01 baru akan dites pada semester dua.

"Kita hanya bawa 20 unit dari Jepang dan kita akan tes di Indonesia. Kita tunggu nanti," kata dia saat ditemui di Sirkuit Sentul, Bogor, akhir pekan lalu.

Baca juga: Teknologi Baru, Pengecatan Motor Pakai Laser Hanya Butuh 3 Jam

Motor listrik Yamaha E01Kompas.com/Dio Motor listrik Yamaha E01

Anton mengatakan Yamaha E01 akan dites secara serempak di beberapa negara. Tujuannya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait dengan kebutuhan masyarakat.

"Ini proyek global ada enam negara jadi nanti di enam negara, di Eropa, Jepang, Malaysia, Thailand dan Indonesia akan dites berbarengan," kata Anton.

"Sebetulnya targetnya ialah melihat produk ini beradaptasi di kondisi masing-masing negara. Lingkungan, temperatur, jadi memang Yamaha Motor Corporation ingin mencoba atau melakukan market tes ini di negara yang punya karakter, seperti Indonesia dan Malaysia ingin lihat kondisi jalan. Itu tujuannya mereka," kata dia

Yamaha E01KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha E01

Baca juga: Jangan Terlalu Pelan, Ingat Batas Minimum Berkendara di Jalan Tol

 Yamaha E01 diposisikan untuk mengisi segmen skuter kelas 125 cc dan memiliki performa yang cocok untuk mobilitas jarak pendek hingga menengah (komuter).

E01 disebut merupakan model yang sepenuhnya memanfaatkan teknologi dan pengetahuan sepeda motor Yamaha, yang diaplikasikan pada konsep E01.

Hal itu terlihat dari desain futuristik, mengadopsi fixed battery yang bisa di charge di manapum sesuai keinginan konsumen dengan tiga tipe sistem charging (fast charging, normal charging, portable charging).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com