Bukan Cuma karena Hujan, Ini Penyebab Lain Lampu Mobil Berembun

Kompas.com - 23/06/2022, 19:12 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Saat memasuki musim hujan, pemilik kendaraan harus menjaga setiap komponen agar memiliki performa yang baik.

Biasanya, usai berkendara menerjang hujan headlamp mobil akan berembun. Hal ini tentu bisa mengganggu tampilan dan juga fungsi dari lampu mobil.

Bahkan, bagi beberapa pemilik mobil kerap dilanda rasa cemas jika embun pada mika lampu tidak hilang dengan cepat. 

Baca juga: Asal Tancap Gas, Bokong Pajero Sport Dihajar Kereta Api

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan jika munculnya embun pada lampu mobil bukan hanya karena hujan saja, namun dapat disebabkan oleh modifikasi atau ada kebocoran.

“Maksudnya bisa saja ada retakan akibat tumbukan pada komponen lampu mobil yang bukan karena modifikasi,” kata Didi kepada Kompas.com, Kamis (23/6/2022).


Pada kondisi normal ketika hujan, embun pada lampu mobil akan hilang dengan sendirinya. Embun muncul di lampu mobil akibat proses alamiah ketika terjadi perbedaan suhu luar dengan dalam ruangan tertutup.

Namun jika ada masalah pada lampu tersebut, embun akan lama hilangnya. Embun yang lama terjebak di lampu mobil akan merusak komponen

Ilustrasi modifikasi lampu depan atau headlamp kendaraanSACS Speedglow Ilustrasi modifikasi lampu depan atau headlamp kendaraan

“Embun itu air sehingga bersifat korosif dan dapat merusak komponen,” kata Didi.

Jika embun pada mika lampu mobil tidak kunjung hilang, harus segera mendapatkan penanganan dari ahlinya agar tidak terjadi kerusakan parah.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ganti Ban Mobil Minimal Harus Sepasang?

“Namun tergantung kondisinya, kalau masih bisa diperbaiki sebaiknya diperbaiki. Namun kalau tidak bisa diperbaiki harus di ganti dengan lampu mobil yang baru,” kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.