Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknik Parkir Motor Agar Tidak Mudah Dibawa Maling

Kompas.com - 23/06/2022, 17:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Parkir sepeda motor harus dilakukan dengan tepat agar tidak jatuh dan paling penting terhindar dari maling.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat parkir motor, terutama di pinggir jalan. Saat ini masih banyak kejadian motor dicuri oleh maling walaupun sudah dikunci setang.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan jika untuk mempersulit maling mencuri sepeda motor dapat mengunci setang ke kanan.

Baca juga: Mobil Modern Masih Perlu Ritual Injak Gas Sebelum Matikan Mesin?

"Sebenarnya jika kita sedang menggunakan standar samping di motor, agar tidak mudah roboh ketika parkir setang dibelokkan ke kiri, namun karena maraknya pencurian motor jadi untuk mempersulit maling dalam menggunakan kunci T maka setang sebaiknya belok ke kanan," kata Agus kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, cara ini bukanlah cara paling ampuh cegah motor terhindar dari aksi pencurian. Pasalnya, pelaku pencurian sepeda motor untuk mematahkan kunci setang dalam posisi ke kanan kian mahir.

"Jadi lebih aman adalah gunakan kunci atau gembok tambahan pada motor agar lebih aman dari pencurian. Jika perlu, gunakan kunci rahasia atau alarm di motor agar terhindar dari pencurian," kata Agus.

Ilustrasi parkir motor di bandaraDIMAS PRADOPO Ilustrasi parkir motor di bandara

Baca juga: Mobil Listrik Mungil Lagi Tes Jalan, DFSK FenGuang Mini EV?

Selain memperhatikan keamanan motor pada saat parkir, pemilik kendaraan juga harus memperhatikan lokasi tempat parkirnya.

Jangan parkir motor di tempat sepi atau tempat yang rawan pencurian sepeda motor.
Pastikan juga parkir di tempat yang resmi, minimal ada petugas parkir yang menjaga dan mengawasi kendaraan kita pada saat di area parkir.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com