Kompas.com - 20/06/2022, 17:21 WIB
|

BOGOR, KOMPAS.com - Motor sport punya penggemar fanatik di pengguna sepeda motor. Tampilan merunduk dan bergaya racing membuat pengendara motor sport fairing makin percaya diri saat di atas motor.

Namun dengan riding position yang sporty posisi tubuh penting saat berkendara. Karena jika salah penerapan akan membuat badan cepat pegal, dan paling krusial membuat pengendalian motor jadi tidak nyaman.

Baca juga: Efek Kecelakaan Lalu Lintas Tak Sekadar Kematian tapi Juga Kemiskinan

Lowering kit untuk Yamaha R15MFoto: Insan Motor Bekasi Lowering kit untuk Yamaha R15M

Muhamad Arief Instruktur Yamaha Riding Academy, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, salah satu hal paling krusial saat naik motor sport seperti Yamaha YZF-R15 ialah posisi tangan.

"Kalau naik motor sport sikut jangan lurus, sedikit menekuk. Sikap tubuhnya seperti kita memeluk bola besar, jadi sikutnya sedikit terbuka," kata Arief kepada Kompas.com, di Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (19/6/2022).

Arief menjelaskan, jika sikut terlalu lurus maka akan menyulitkan gerak saat belok. Kemudian jika sikut terlalu lurus membuat badan mudah tertarik ke belakang jika akan melakukan akselerasi.

Baca juga: Kenapa Mesin Diesel Selalu Jadi Andalan Truk dan Bus?

Test ride Yamaha All New R15 dan R15MDok. YIMM Test ride Yamaha All New R15 dan R15M

"Kalau sikutnya membuka badan lebih sigap. Karena kalau motor digas kan suspensi depan akan terangkat, kalau tangannhya terlalu lurus akan ikut ke belakang," kata dia.

Hal lainnya yaitu soal posisi kaki. Arief mengatakan saat naik motor sport maka paha harus mengempit tangki. Posisi paha terlalu terbuka akan membuat gerak motor jadi sulit dikontrol.

"Karena kseimbangan motor, roda dua itu ada di tengah. Ada orang yang salah satu kakinya membuka, itu akan memengaruhi gerak motor. Apalagi kalau duduknya agak miring, maka motor akan berat ke salah satu," kata dia.

Beberapa tips posisi tubuh yang tepat saat berkendara motor sport fairing:

1. Kenali karakter posisi berkendaranya agar biker dapat menyesuaikannya ketika menjajal motor sport fairing.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.