Kerap Diabaikan, Bahaya Membiarkan Terminal Aki Kendur Terlalu Lama

Kompas.com - 19/06/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi tanggung jawab setiap pemilik untuk selalu memastikan kondisi kendaraan yang sedang dikendarainya. Selain bisa menjaga performa kendaraan, peduli terhadap kondisi kendaraan juga bisa menjadi wujud usaha dalam meningkatkan keselamatan.

Salah satunya seperti terminal aki yang kendor. Kondisi ini, selain bisa membuat aki cepat rusak juga bisa menyebabkan terganggunya sistem elektrikal pada mesin.

Padahal untuk mengencangkan terminal aki sangat mudah, hanya butuh kunci pas ring 10 mm, dan keberanian untuk memutar mur di terminal aki dengan benar.

Baca juga: Kenali Gejala Aki Mobil Mulai Lemah

Mesin Toyota All New VoxyKompas.com/Donny Mesin Toyota All New Voxy

Technical Support Nissan Bintaro, Fandi Ahmad menjelaskan terminal baterai yang kendor bisa membuat mobil mogok, susah start dan menimbulkan kerusakan pada komponen kelistrikan pada mesin.

“Bisa membuat mesin susah hidup bahkan mati total, selain itu jika dibiarkan cukup lama bisa merusak komponen kelistrikan seperti ECU dan sejenisnya,” ucap Fandi kepada Kompas.com, Sabtu (18/6/2022).

Terminal aki yang kendor sama saja menghambat listrik yang mengalir ke seluruh sistem kelistrikan sehingga bisa membuat suatu komponen tidak bekerja secara maksimal seperti motor starter yang tidak sanggup memutar mekanikal mesin dan beberapa komponen lain yang membutuhkan suplai arus listrik.

Baca juga: Biar Paham, Ini Cara Baca Kode Aki Mobil

Mesin All New Subaru Forester S-EyeSightKompas.com/Donny Mesin All New Subaru Forester S-EyeSight

Fandi juga mengatakan, terminal yang kendor dapat merusak aki jika dibiarkan terlalu lama. Logikanya, selain tidak bisa menyuplai arus listrik dengan baik, aki juga tidak bisa menerima pengisian listrik dengan baik dari alternator.

Efek jangka panjangnya aki menjadi mudah drop karena tidak terisi penuh. Akan semakin parah lagi jika pengendara memiliki kebiasaan buruk dengan memaksakan aki yang sudah mulai lemah, maka aki bisa menjadi mati total karena dayanya habis untuk beberapa kali digunakan oleh motor starter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.