Kompas.com - 18/06/2022, 10:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki atau baterai pada kendaraan memiliki jenis yang sangat beragam, tergantung dari kebutuhan.

Mulai yang bebas perawatan, aki hybrid yang memiliki indikator kondisi massa jenis air aki, serta berbagai macam ukuran dan kapasitas.

Untuk pasar Indonesia, ada dua tipe yang populer, yakni JIS (Japan Industrial Standard) dan DIN (Deutsches Institut fur Normung).

Tapi dari keduanya, JIS lebih sering ditemui karena kebanyakan kendaraan bermotor didominasi merek Jepang. 

Baca juga: Kebiasaan Buruk Penyebab Kampas Kopling Mobil Manual Cepat Habis

Nah, bagi pemilik mobil yang sedang berencana membeli aki tipe JIS, Suprawitno, Kepala Toko Shop & Drive Penggaron mengatakan, pemilik harus bisa memahami kode-kode yang ada agar tak salah dalam memilih.

“Cara membaca kode aki, khususnya JIS cukup mudah, contohnya aki dengan kode 55D23L, ini artinya aki tersebut memiliki kapasitas sekitar 60 ampere dengan dimensi sedang dan terminal positif di sebelah kiri,” ucap Suprawitno kepada Kompas.com, Kamis (16/6/2022).

Ruang mesin Chery Tiggo 7 ProKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Ruang mesin Chery Tiggo 7 Pro

Lebih detail soal penjabarannya yakni, 55 merupakan kode kapasitas aki, namun itu bukan angka sesungguhnya melainkan masih perlu dikalkulasikan dengan rumus ditambah 20 persen lalu dikurangi 10 persen.

Sehingga bila diakumulasi secara sederhana, 55+11= 66-6,6=59,4. Dengan demikian, kapasitas aki tersebut bisa dibilang sebesar 60 ampere.

Untuk D merupakan kode dimensi yang meliputi rasio lebar dan tinggi baterai. Semakin mendekati Z maka dimensinya semakin besar, sementara 23 adalah panjang dari aki.

Baca juga: Daftar Harga Aki Mobil per Juni 2022

Ganti air aki mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ganti air aki mobil

Jadi, selain memperhatikan kapasitas aki, pelanggan juga perlu memperhatikan dimensi aki agar tidak menyusahkan ketika meletakkan aki pada kendaraan. Karena dudukan aki ada batasannya, sesuai dengan ketentuan pabrik.

Dan yang terakhir huruf L menandakan terminal positif aki tersebut berada di sebelah kiri, karena ada beberapa kendaraan memiliki letak kabel terminal baterai yang berbeda-beda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.