Paten Motor Listrik Boxer BMW Motorrad Terungkap

Kompas.com - 19/06/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain sepeda motor listrik BMW Motorrad terungkap di kantor paten Amerika Serikat. Paten ini menarik sebab motor listrik yang ada dalam gambar itu mengusung mesin boxer ala BMW GS

Mengutip Rideapart, satu hal yang menarik dari konsep ini ialah BMW mencoba mempertahankan bentuk mesin Boxer. Tampilannya jadi lebih kekar dan tidak menghilangkan ciri khas motor BMW.

Baca juga: Bahaya Asal Tancap Gas di Persimpangan

BMW Vision DC Roadster Foto: Rideapart BMW Vision DC Roadster

Belum ada konfirmasi teknis mengenai mesin yang dipakai. Tapi disebut bentuk motor listrik Boxer ini ialah upaya untuk mendinginkan dinamo dan baterai. Karena baterai bisa menjadi sangat panas, baik saat digunakan maupun saat isi daya.

Proposal paten BMW menyarankan beberapa kemungkinan konfigurasi untuk mencapai pendinginan optimal. Semua mengandalkan sirip pendingin eksternal, yang memanfaatkan pergerakan udara.

Sistemnya bisa berupa motor listrik, baterai, pengontrol atau bahkan pendinginan tambahan seperti radiator. Dalam kasus terakhir, radiator akan dianggap sebagai sarana pendinginan sekunder.

Baca juga: 5 Hari Operasi Patuh Jaya 2022, Sebanyak 12.217 Pengendara Ditindak

BMW Vision DC Roadster Foto: Dreamstime BMW Vision DC Roadster

Meski secara desain konsep ini cukup menarik tapi sebetulnya ini bukan barang baru. Pada 2019 BMW sudah memperkenalkan prototipe motor konsep Vision DC Roadster di Jerman.

Baca juga: Bahaya Kebocoran Arus pada Kelistrikan Mobil

Dari depan, bentuk lampunya sipit dengan suspensi tunggal model girder. Bentuknya tangkinya yang mana bukan tangki bensin menyatu dengan jok tunggal dan bagian belakang runcing ala buntut tawon.

Kemunculan paten ini tidak berarti Vision DC Roadster akan segera masuk jalur produksi. Tapi setidaknya menarik mempelajari arah berpikir BMW jika ingin melansir motor listrik di masa depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.