Waspada Kebocoran Arus pada Mobil, Aki Bisa Tiba-tiba Soak Sendiri

Kompas.com - 19/06/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebocoran arus merupakan penyakit pada kendaraan yang kerap disepelekan. Padahal ini merupakan permasalahan yang serius, terlebih lagi untuk mobil modern yang dilengkapi sistem kelistrikan untuk menunjang performa mesin.

Pasalnya, kebocoran arus listrik ini akan membuat aki melemah, sekali pun kunci kontak dicabut. Kondisi bisa lebih parah lagi, jikalau mobil tersebut jarang digunakan, maka daya aki bisa habis.

Kebocoran arus sendiri merupakan konsumsi daya aki yang tidak diinginkan oleh sistem. Sederhananya, semua komponen pada mobil mati namun tetap ada arus listrik yang mengalir, sehingga bisa membuat daya aki habis, perlahan tapi pasti.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ukuran Aki Mobil Besar Arus Listrik Jadi Lebih Stabil?

poisisi tepat untuk mengetahui kepala akiSuprawitno poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki

Pemilik Anugerah Auto Service, bengkel spesialis elektrikal, Arjun mengatakan, selama kebocoran arus tersebut masih di bawah limit, maka tidak menjadi masalah. Tapi, kalau sudah melebihi limit maka perlu dilakukan tindakan.

“Sebaiknya dilakukan pengecekan, caranya juga tidak susah, hanya dengan melepas terminal negatif aki lalu dipasangkan dengan AVO meter secara seri untuk membaca berapa besar arus yang mengalir (ampere) ketika kunci kontak dicabut,” ucap Arjun kepada Kompas.com, Sabtu (18/6/2022)

Jika kelistrikan pada mobil tidak bermasalah, maka dari pengukuran tersebut dijumpai hasil tidak lebih dari 0,1 ampere. Tapi, jika hasilnya menunjukkan lebih dari 0,1 ampere maka kebocoran arus tersebut cukup besar.

Baca juga: Jangan Salah, Daya Aki Mobil Bisa Tekor meski Jarang Digunakan

Cek kondisi aki mobilCakra Motor 11 Cek kondisi aki mobil

Semakin besar arus yang mengalir menandakan ada beban yang masih aktif atau menyedot daya aki. Padahal, sewajarnya beban listrik mobil dengan kondisi kunci kontak dicabut itu mendekati nol, karena tidak ada beban sama sekali yang masih aktif.

Bayangkan saja jika kebocoran arus listrik itu sebesar 1 ampere, maka aki dengan kapasitas 60 ampere hour akan habis dalam waktu 60 jam. Ini artinya, mobil tidak dihidupkan selama 3 hari saja bisa membuat aki sebesar itu tekor, bahkan kurang dari 3 hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.