Masih Cedera, Alex Rins Terpaksa Mundur dari MotoGP Jerman

Kompas.com - 19/06/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Alex Rins terpaksa mundur dari MotoGP Jerman. Cedera yang didapatnya dari seri sebelumnya ternyata masih menghantuinya di Sachsenring.

Pada MotoGP Catalunya, pebalap Suzuki tersebut terjatuh pada tikungan pertama di lap pertama. Penyebabnya adalah Takaaki Nakagami yang kehilangan kendali motornya dan terjatuh menabrak Rins.

Baca juga: Bicara Nasib Alex Rins di MotoGP 2023, Harus Rela Dibayar Rendah

Rins mengalami cedera, tapi lalu dinyatakan sehat untuk bisa mengikuti MotoGP Jerman. Sayangnya, Rins merasakan sakit yang lebih parah dari dugaannya setelah sesi latihan bebas FP3.

Pebalap Honda LCR Takaaki Nakagami (tengah) terjatuh sehingga berdampak pada jatuhnya pebalap Suzuki Alex Rins (kanan) dan pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) pada MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya pada 5 Juni 2022 di Montmelo di pinggiran Barcelona.AFP/LLUIS GENE Pebalap Honda LCR Takaaki Nakagami (tengah) terjatuh sehingga berdampak pada jatuhnya pebalap Suzuki Alex Rins (kanan) dan pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) pada MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya pada 5 Juni 2022 di Montmelo di pinggiran Barcelona.

"Saya telah memutuskan, bersama dengan tim, untuk berhenti balapan dan tidak berkompetisi pada balapan akhir pekan ini," ujar Rins, dikutip dari Crash.net, Minggu (19/6/2022).

Rins menambahkan, dia merasa tangan dan pergelangannya lebih sakit dibandingkan pada saat FP1 dan FP2. Dia merasa sangat kesakitan saat mencoba mencatatkan waktu tercepat hingga merasa dirinya tidak sanggup untuk balapan kali ini.

Baca juga: Takaaki Nakagami Minta Maaf ke Bagnaia dan Rins

"Atas alasan tersebut, kami memilih untuk fokus pada penyembuhan dan lebih kuat untuk Belanda. Semoga saja kondisi fisik saya akan lebih baik di Assen, khususnya karena ini trek yang sangat saya suka," kata Rins.

Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.Dok. Suzuki Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.

Manajer tim Suzuki Livio Suppo pun menyayangkan kondisi tersebut. Tapi, rasa sakitnya membuat tidak masuk akal untuk mengambil risiko yang lebih besar.

"Kami harap Alex bisa lebih baik kondisinya dalam beberapa hari ke depan sebelum kami ke Belanda pekan depan. Saya ingin berterima kasih padanya atas usaha yang sudah dia lakukan untuk bisa berada di sini, dan terima kasih pada tim atas pekerjaan yang sudah dilakukan," ujar Suppo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.