Indonesia Harusnya Punya Pabrik Cip Semikonduktor Sendiri

Kompas.com - 15/06/2022, 17:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menilai seharusnya Indonesia memiliki pabrik cip semikonduktor sendiri, mengingat pentingnya komponen tersebut terhadap rantai pasok dunia.

Pasalnya, bagian pada kendaraan yang dikuasai oleh China tersebut telah berdampak serius terhadap industri otomotif dunia, tanpa terkecuali pada Indonesia menyusul penyebaran wabah virus Covid-19.

“Dalam beberapa waktu belakangan, (Industri otomotif) kita terpengaruh juga dengan kelangkaan chip semikonduktor ini. Karena sekarang nggak ada satu pun mobil yang tidak memakai itu," kata Sekjen Gaikindo Kukuh Kumara belum lama ini.

Baca juga: Sopir Bus Harus Tahu Teknik Jaga Jarak Aman yang Benar

Karyawan yang sedang bekerja di pabrik mobil Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China.Reuters Karyawan yang sedang bekerja di pabrik mobil Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China.

"Tinggal seberapa detail dan seberapa banyak semikonduktor yang dibutuhkan pada kendaraan. Jadi itu wilayah stakeholder bagaimana memikirkan masalah itu,” lanjutnya.

"Kami kan sudah ngomong, kenapa nggak dari dulu kita kembangkan (cip) semikonduktor di sini. Kalau orang lain bisa, kenapa kita tidak? Malaysia juga punya kan, Taiwan juga bisa,” lanjut Kukuh.

Menurut Kukuh, Indonesia harus mengembangkan kemampuan di bidang produksi chip semikonduktor ini supaya tidak tergantung dengan negara lain.

Semua aspek, khususnya pada hilirisasi harus disiapkan sehingga apabila terjadi sesuatu di negara lain tidak langsung berdampak besar terhadap industri otomotif dalam negeri.

"Paling nggak kita bisa bikin,” kata dia.

Baca juga: Jangan Naik Motor Pakai Sandal Jepit, Terutama Motor Kopling

Ilustrasi cip semikonduktoreurope.autonews.com Ilustrasi cip semikonduktor

Krisis chip semikonduktor yang menimpa industri otomotif global diketahui tengah berlangsung sejak akhir 2022 lalu. Seretnya pasokan komponen tersebut membuat produksi sejumlah model mobil di Tanah Air terganggu.

Bahkan sampai ada model tertentu yang disetop sementara produksinya seperti Honda Mobilio.

Adapun cip semikonduktor merupakan salah satu 'otak' pada kendaraan yang mendukung fungsi-fungsi kelistrikan seperti sistem panel instrumen digital, teknologi otonom, sampai sistem keyless.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.