Jangan Naik Motor Pakai Sandal Jepit, Terutama Motor Kopling

Kompas.com - 15/06/2022, 13:03 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengimbau pengendara sepeda motor tidak lagi mengenakan sandal jepit karena berbahaya, dan diminta mengenakan sepatu.

Firman menjelaskan dari sisi keselamatan sandal jepit tidak bisa melindungi tubuh jika terjadi kecelakaan. Karena itu lebih baik memakai sepatu yang tertutup agar bisa melindungi kaki secara maksimal.

Baca juga: Bukan Cuma Teknik, Sopir Bus Harus Mengemudi dengan Perilaku Baik

"Saya bukan me-stressing pakai sandal jepitnya, tidak ada perlindungan pakai sandal jepit itu. Karena kalau sudah pakai motor, kulit itu bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin, ada kecepatan. Makin cepat makin tidak terlindungi kita, itulah fatalitas,” kata Firman dikuti dari korlantas.polri.go.id, Rabu (15/6/2022).

Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTO Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).

Head of Safety Riding Promotion Wahana, main dealer motor Honda Jakarta-Tangerang, Agus Sani, mengatakan, sandal memang tidak cocok untuk naik motor karena tidak melindiungi kaki.

"Dalam berkendara memang sangat penting untuk melindungi tubuh dengan menggunakan perlengkapan berkendara yang aman. Salah satunya menggunakan sepatu saat berkendara," kata Agus kepada Kompas.com, Rabu (15/6/2022).

Terlebih kata Agus jika naik motor kopling memakai sandal jepit. Sebab di motor kopling manual atau motor bebek kaki ikut bekerja, kaki kanan buat rem belakang dan kaki kiri buat pindah gigi.

Baca juga: Skema Cicilan Yamaha Fazzio di JFK 2022, Mulai Rp 1 Jutaan

 

Sandal jepit memang terlihat nyaman. Namun, alasan lainnya kenapa tidak boleh memakai sandal jepit saat naik pesawat adalah karena dinilai tidak praktis.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Sandal jepit memang terlihat nyaman. Namun, alasan lainnya kenapa tidak boleh memakai sandal jepit saat naik pesawat adalah karena dinilai tidak praktis.

"Jika kita menggunakan sandal ketika mengoperasikan motor sport maka kemungkinan adalah bagian kaki sangat berisiko karena dalam menggunakan motor sport bagian kaki kita juga bekerja untuk mengoperasikan rem belakang dan persneling gigi," kata dia.

Agus mengatakan, banyaknya pengendara motor yang masih pakai sandal sebetulnya paham resiko yang dapat terjadi. Tapi tetap dilakukan sebab abai dengan keselamatan berkendara.

"Sehingga sangat tidak disarankan menggunakan sendal, saat ini memang masih banyak pengendara yang menggunakan sendal itu dikarenakan kurangnya rasa kepedulian terhadap keselamatan dirinya," kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.