Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilarang Pakai Sandal Jepit, Ini Sepatu yang Aman buat Pengendara Motor

Kompas.com - 15/06/2022, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini, Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengeluarkan imbauan untuk masyarakat agar tidak lagi mengenakan sandal jepit saat mengendarai motor.

Firman mengajak para pengendara motor untuk memilih mengenakan sepatu demi alasan keselamatan. Menurutnya, sandal jepit tidak bisa melindungi tubuh saat terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Mohon maaf saya bukan me-stressing pakai sandal jepitnya, tidak ada perlindungan pakai sandal jepit itu. Karena kalau sudah pakai motor, kulit itu bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin, ada kecepatan. Makin cepat makin tidak terlindungi kita, itulah fatalitas,” ucap Firman dalam keterangannya, Rabu (15/6/2022).

Baca juga: Polisi Imbau Pengendara Motor Tidak Pakai Sandal Jepit, Ini Alasannya

Meski baru sebatas imbauan saja, ada baiknya pengendara motor mengetahui jenis alas kaki yang ideal untuk melindungi secara optimal saat berkendara. Pasalnya, tak hanya sandal jepit saja, beberapa jenis sandal juga dinilai tak aman digunakan oleh pengendara motor.

Lantas, alas kaki seperti apa yang aman digunakan saat mengendarai motor?

RC Motogarage hadirkan apparel berkendara untuk penggemar motor adventure dan motor customDok. RC Motogarage RC Motogarage hadirkan apparel berkendara untuk penggemar motor adventure dan motor custom

Alexander Reyner, pemilik toko perlengkapan berkendara motor RC Motogarage mengatakan, saat berkendara menggunakan sepatu biasa atau harian sebetulnya sudah cukup untuk berkendara sepeda motor, yang terpenting tidak telanjang kaki atau kelihatan jari kakinya.

Namun, menurutnya lebih baik pakai sepatu riding untuk yang ingin berkendara jarak panjang atau di lalu lintas yang padat.

“Untuk perbedaan signifikan sepatu riding dan sepatu biasa itu sebetulnya ada pada proteksinya. Sepatu riding ada perlindungan di mata kaki, lebih tebal di bagian jari kaki, dan material lebih tebal serta rigid untuk gesekan kalau terjadi sesuatu,” ucap Reyner saat dihubungi Kompas.com, Rabu (15/6/2022).

Reyner melanjutkan, sepatu riding memiliki beberapa jenis tergantung pada kebutuhannya.

“Sepatu riding untuk harian, biasanya lebih pendek, sedikit di atas mata kaki, contoh TCX Dartwood atau Street 3. Sedangkan, sepatu riding touring biasanya lebih tinggi lagi dari yang harian dan lebih lentur untuk kenyamanan berkendara, contoh TCX Airtech Evo atau Clima GTX,” kata dia.

Pilihan apparel berkendara dari TCX Boots di gerai RC MotogarageKompas.com/Donny Pilihan apparel berkendara dari TCX Boots di gerai RC Motogarage

Baca juga: Jika Hujan, Jangan Lupa Alas Kaki Saat Naik Motor

Adapun sepatu riding adventure atau motocross memiliki proteksi lebih, sebab diperuntukan untuk berkendara secara ekstrem.

“Sepatu riding untuk adventure atau motocross biasanya sebetis, kemudian lebih kaku dan keras untuk proteksi lebih ketika berkendara. Misalnya, TCX Comp 2 Evo,” ucap Reyner.

Terakhir untuk sepatu riding balap lebih kurang mirip seperti untuk adventure atau cross tapi materialnya lebih lentur, seperti contoh TCX RT Race Pro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com