Mulai September 2022 Kamera ETLE Bakal Menjangkau Seluruh Indonesia

Kompas.com - 09/06/2022, 16:12 WIB
|

MEDAN, KOMPAS.com – Kamera Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik saat ini sudah menjangkau seluruh Indonesia. Dalam waktu dekat, Kota Medan juga bakal menjadi wilayah yang mendapat jangkauan ETLE.

Korlantas Polri berencana menambah kamera Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kota Medan, Sumatera Utara. Sejauh ini, baru ada 2 kamera ETLE di wilayah tersebut.

“Untuk di Medan sendiri sudah ada dua kamera yang bisa diimplementasikan, sudah operasional dan barusan kita mengecek untuk implementasinya,” kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, disitat dari NTMC Polri (9/6/2022).

Baca juga: Jokowi Coba Genesis G80 di Batang, Ini Pengalaman Pakai Mobil Listrik ke Luar Kota

Pengemudi tertangkap kamera tilang elektronik tidak menggunakan sabuk pengaman di Solo, Jawa Tengah.Satlantas Surakarta Pengemudi tertangkap kamera tilang elektronik tidak menggunakan sabuk pengaman di Solo, Jawa Tengah.

“Dan ini sudah terhubung dengan ETLE Nasional Presisi, artinya tadi kita capture pelat luar daerah sudah ada datanya di sini,” ujar dia,

Sementara itu, tercatat saat ini ETLE sudah diterapkan di 26 Polda se-Indonesia yang terpasang di 286 titik dan bekerja sama dengan pihak Jalan Tol sebanyak 30 lebih kamera.

Aan berharap, untuk di Kota Medan, penerapan ETLE bisa membantu tugas kepolisian, mengingat kamera dipasang di Jalan Tol, dan ruas jalan yang dinilai rawan kecelakaan.

Baca juga: Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Tahap Kedua

Ia juga mengatakan, Korlantas Polri menargetkan seluruh Indonesia sudah terjangkau ETLE Nasional Presisi bulan September 2022 nanti.

“Tentunya ini target minimal, target maksimalnya seluruh stakeholder bisa membantu kita, bisa berkolaborasi sehingga semakin banyak dan masif. Sehingga tingkat kepatuhan di jalan bisa meningkat lagi,” ucap Aan.

Pada kesempatan ini, Aan juga menyebut, Wali Kota Medan Bobby Nasution akan memberikan akses 10 kamera yang nantinya akan terintegrasi ETLE Nasional Presisi.

“Tadi kami diskusi dengan Wali Kota, ternyata di program Wali Kota juga ada yang terkait dengan ETLE ini. Yang pertama program e-Parking, kemudian ada program dari Dinas Perhubungan yang bisa terintegrasi dengan kamera ETLE kita,” tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.