Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Tahap Kedua

Kompas.com - 09/06/2022, 07:12 WIB
|

BATANG, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pembangunan tahap kedua baterai listrik di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, dengan total investasi sebesar 9,8 miliar dolar AS atau setara Rp 142 miliar.

Jokowi mengatakan, industri baterai listrik ini merupakan investasi pertama di dunia yang mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu sampai ke hilir.

Dalam sambutannya yang disiarkan oleh kanal YoutTube Sekretariat Presiden, ia merasa senang bisa menjalankan tahapan kedua pembangunan industri baterai listrik.

Baca juga: Jokowi Coba Genesis G80 di Batang, Ini Pengalaman Pakai Mobil Listrik ke Luar Kota

Presiden Joko Widodo saat meresmikan implementasi tahap kedua industri baterai listrik terintregasi di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada Rabu (8/6/2022).dok. Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo saat meresmikan implementasi tahap kedua industri baterai listrik terintregasi di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada Rabu (8/6/2022).

"Dimulai dari penambangan nikel, smelter, pabrik prekusor, pabrik katoda, kemudian baterai listrik, battery pack, hingga mobil listrik," kata Jokowi (8/6/2022).

“Masih ditambah lagi dengan industri daur ulang baterai. Dari hulu sampai ke hilir, end to end, semuanya dikerjakan dalam investasi ini,” ujar dia.

Menurutnya, industri baterai listrik bisa dibangun lantaran investasi dari LG. Perusahaan Korea Selatan itu kabarnya menanamkan investasi sekitar Rp 142 triliun.

Baca juga: Sudah Tahu soal Air yang Ada di Toilet Bus Berasal dari Mana?

"Kemudian pabrik baterai sedang juga dibangun di Karawang dan pabrik mobil listriknya ada di Cikarang. Ini sangat baik, tidak hanya di Jawa, di luar Jawa juga dibangun investasinya," ucap Jokowi.

"Dan yang paling saya senang menyerap karyawan, SDM, tenaga kerja kita 20.000 orang. Ini jumlah yang tidak kecil dan di mana-mana di dunia sekarang ini pembukaan lapangan kerja merupakan kunci," tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.