Jokowi Coba Genesis G80 di Batang, Ini Pengalaman Pakai Mobil Listrik ke Luar Kota

Kompas.com - 08/06/2022, 16:57 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo baru saja menjajal mobil listrik Genesis G80 di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada Rabu (8/6/2022).

Dilansir dari Antara, selepas mendarat di Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani di Kota Semarang, Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Batang.

Setelah keluar Gerbang Tol Gringsing, Batang, Presiden dan Ibu Iriana kemudian berganti kendaraan dengan mobil bertenaga listrik untuk meninjau proyek KCC Glass di KITB.

Baca juga: Video Viral, Bus Ditahan di SPBU karena Ada yang Buang Air

Mobil listrik Genesis dari Hyundai yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo dalam rangkaian kendaraan menuju ke Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada Rabu (8/6/2022).dok. Sekretariat Presiden Mobil listrik Genesis dari Hyundai yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo dalam rangkaian kendaraan menuju ke Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada Rabu (8/6/2022).

“Saya kira halus, enggak ada suaranya,” kata Jokowi di Batang, Jawa Tengah.

Jokowi rupanya tidak menaiki mobil tersebut dari Jakarta atau Semarang. Alasannya mungkin karena di Batang dan sekitarnya belum terdapat SPKLU, atau bisa juga karena sebab lainnya.

Pasalnya, dari pengalaman Kompas.com saat menjajal mobil listrik melewati rute Trans Jawa pada akhir 2021, SPKLU di jalan tol memang masih sedikit.

Baca juga: Sudah Tahu soal Air yang Ada di Toilet Bus Berasal dari Mana?

Berdasarkan informasi yang tersedia pada aplikasi Charge.In milik PLN, SPKLU yang tersedia di ruas tol Jakarta-Yogyakarta, yaitu rest area Tol Palikanci (Km 207A) dan rest area Tol Semarang - Batang (Km 379A).

Sehingga redaksi Kompas.com harus menyiapkan strategi agar perjalanan dari Jakarta sampai Yogyakarta dengan mobil listrik sejauh 587 kilometer, bisa ditempuh dengan aman dan nyaman.

Ketika itu, kami menjajal Lexus UX 300e yang dibekali baterai lithium ion berkapasitas 54,3 kWh dengan daya jelajah 347 km.

Baca juga: Aksi Adang Truk Makin Marak, Berujung Kematian Anak atau Remaja

Ban mobil listrik LexusDok. KOC Ban mobil listrik Lexus

Sebelum jalan, tekanan udara pada ban mobil juga disesuaikan kembali yaitu 35 psi sebagaimana rekomendasi pabrikan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.