Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Terapkan Tilang Manual di Lokasi Gage yang Belum Ada ETLE

Kompas.com - 30/05/2022, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai 6-12 Juni 2022, polisi akan melakukan uji coba penindakan di 13 titik baru zona ganjil-genap Jakarta. Usai uji coba, penindakan baru akan dilakukan secara menyeluruh di 26 titik ganjil-genap DKI Jakarta.

Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes mengatakan, penindakan akan dilakukan dengan menggunakan kamera ETLE (electronic traffic law enforcement) dan juga secara manual.

“Untuk 12 kawasan yang ada kamera ETLE-nya, maka penindakan dilakukan dengan menggunakan kamera E-TLE,” ujar Sambodo, dikutip dari NTMC Polri (30/5/2022).

Baca juga: Video Toyota Kijang Innova Gagal Nanjak, Dilewati Avanza Model Lama

“14 kawasan yang tidak ada kamera ETLE-nya, maka penindakan digunakan dengan menggunakan penindakan secara manual artinya penilangan manual oleh anggota di lapangan,” kata dia.

Sementara itu, untuk menghindari penilangan dua kali, pihaknya akan mencocokkan data kendaraan manual dengan data yang terekam di kamera ETLE.

“Kalau dia ditilang manual karena Gage (ganjil-genap), maka kami akan cocokkan dengan data ETLE. Jadi di kawasan yang ada ETLE-nya, kami menjamin tidak akan ada tilang dua kali,” ucap Sambodo.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2022 Usai GP Italia, Quartararo Tetap di Puncak

“Kalau sudah kena tilang manual, kami juga akan cross check data dari 12 kawasan yang ada terpasang ETLE. Jangan sampai ada masyarakat yang terkena tilang dua kali,” tutur dia.

Sambodo juga menambahkan, penindakanan ini akan mulai diberlakukan pada tanggal 13 Juni, setelah dilakukan uji coba pada tanggal 6-12 Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com