Kompas.com - 28/05/2022, 09:22 WIB

UNGARAN, KOMPAS.com - Karoseri Laksana sudah melakukan ekspor bus ke Bangladesh sejak beberapa tahun terakhir. Berbagai model bus sudah dikirim ke sana, seperti bus tingkat serta single deck.

Stefan Arman, Technical Director Karoseri Laksana mengatakan, respons model bus buatan Laksana di Bangladesh sudah sangat baik. Bahkan tidak sedikit orang yang meniru model bus buatan Ungaran, Jawa Tengah ini.

"Jadi kelihatannya di youtube, Laksana di sana populer. Bus yang bukan buatan Laksana ditempel stiker Laksana semua," ucap Stefan di Ungaran belum lama ini.

Baca juga: Karoseri Laksana Mau Tambah Ekspor Bus, Incar Negara Tetangga

Bus tingkat Laksana yang diekspor ke BangladeshDOK. LAKSANABUS Bus tingkat Laksana yang diekspor ke Bangladesh

Melihat respons yang baik tadi, volume ekspor bus ke Bangladesh sebenarnya ada potensi untuk bertambah. Namun tetap ada tantangannya, yakni menyiapkan pilihan produk yang beragam.

"Bus itu industrinya unik, harus dekat dengan customer. Jadi model busnya sedikit, tapi pilihannya berbagai macam," ucap Stefan.

Baca juga: All New Toyota Starlet Meluncur, Pakai Basis Suzuki Baleno


Banyak macam di sini maksudnya seperti pilihan bentuk konfigurasi kabinnya. Bahkan rencananya Laksana akan mengirim model bus lain ke Bangladesh, yang fasilitasnya lebih mewah.

"Nanti Bangladesh juga sedang order bus yang sleeper atau Suites Class. Dia melihat trennya seperti apa di Indonesia," ucap Stefan.

Suites Class merupakan model bus buatan Karoseri Laksana dengan kabin super mewah. Berbeda dengan bus yang biasa, Suites Class hanya diisi 22-23 bangku yang bisa direbahkan sampai 150 derajat.

Sehingga, penumpang bisa duduk dengan nyaman selama perjalanan panjang. Apalagi setiap kabinnya terpisah dengan lainnya, jadi penumpang merasa private tanpa terganggu ketika naik bus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.