All New Toyota Starlet Meluncur, Pakai Basis Suzuki Baleno

Kompas.com - 27/05/2022, 12:02 WIB

JAKARTA.KOMPAS.com - Generasi terbaru Toyota Starlet resmi diluncurkan di Afrika Selatan. Kehadiran mobil ini meneruskan kesuksesan pendahulunya, yakni Yaris.

Meski demikian, Starlet tidak menggunakan basis dari Yaris, melainkan Suzuki Baleno. Jika diperhatikan, desain depan dan belakang sengaja dibuat berbeda.

Baca juga: Pilihan Hatchback Bekas di Bawah Rp 50 Jutaan, dari Starlet sampai Jazz

Dikutip dari Iol.co.za, Jumat (27/5/2022), penjualan Starlet bahkan bisa melampaui dari Baleno secara signifikan. Kompetitor sekelasnya di sana, seperti Volkswagen Polo Vivo juga kalah saing dengan Starlet.

All New Toyota Starlet dipasarkan di Afrika SelatanDok. Toyota.co.za All New Toyota Starlet dipasarkan di Afrika Selatan

Peluncuran secara resmi akan dilakukan pada awal Juni 2022, tapi Toyota Afrika Selatan sudah resmi memajangnya pada situr resminya, lengkap dengan spesifikasi dan harganya.

Untuk Indonesia, Starlet dipasarkan sejak era '70-an hingga '90-an. Ada empat generasi Starlet yang bertahan hingga akhirnya dihentikan produksinya pada 1999 dan digantikan oleh Yaris pada 2005.

Baca juga: Cek Harga Starlet GT Turbo di Bursa Mobil Bekas

Untuk generasi terbaru Starlet, hatchback ini dibekali dengan mesin 1.5 L dari Suzuki dengan kode K15B. Mesin tersebut mampu hasilkan tenaga hingga 103,2 tk dan torsi 138 Nm.

All New Toyota Starlet dipasarkan di Afrika SelatanDok. Toyota.co.za All New Toyota Starlet dipasarkan di Afrika Selatan

Untuk transmisinya, tersedia manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Konsumsi bahan bakarnya diklaim tembus 18 kilometer per liter.

Soal fitur, All New Toyota Starlet dilengkapi dengan enam airbag, double blower, cruise control, head unit berukuran 9 inci, Toyota -Connect yang dilengkapi WiFi, konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto, voice command, dan lainnya.

Mobil ini dibanderol mulai Rp 210 jutaan untuk varian terendah dan kisaran Rp 290 jutaan untuk tipe tertingginya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.