Ingat Bahaya Menyalip Truk dengan Motor Tanpa Pertimbangan

Kompas.com - 28/05/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyalip kendaraan besar saat mengendarai motor menjadi salah satu hal yang berbahaya dan riskan untuk dilakukan, khususnya jika tidak konsentrasi penuh.

Terjadi kembali, seorang pengendara motor tewas terlindas truk setelah gagal menyalip truk di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jumat (27/5/2022).

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Bekasi Komisaris Polisi Arga Dija menjelaskan awalnya pengendara motor yang ingin menyalip truk terbentur bagian kanan dari bak truk.

Baca juga: Polres Makassar Catat 3.863 Pelanggaran Lalu Lintas Sejak Januari

Akibatnya, pengendara motor tersebut kehilangan kendali dan terjatuh, membentur ban truk di sebelah kanan.

"Saat bertemu di TKP, W (tersangka) yang hendak menyalip truk AM (pengemudi truk) tersebut membentur bagian kanan bak dari truk. W kehilangan kendali dan terjatuh membentur ban truk yang sebelah kanan," ucap Arga seperti dikutip Kompas.com, Jumat (27/5/2022).

Akibatnya, pengemudi motor tersebut meninggal dunia di lokasi kejadian. Sepeda motor dan truk yang terlibat kecelakaan telah disimpan oleh polisi, untuk dijadikan barang bukti.

OtomotifKOMPAS.com Kecelakaan yang melibatkan mobil dan sejumlah sepeda motor yang terjadi di Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan, ...

Baca juga: Daftar Gerbang Tol di Jakarta yang Berlakukan Ganjil-Genap

Menyalip kendaraan besar, seringkali berujung kecelakaan yang cukup fatal khususnya bagi pengendara motor. Perlu diingat, kendaraan besar memiliki blind spot yang besar pula.

Artinya, ada beberapa bagian di sekitar truk yang tidak terlihat oleh pengemudi, termasuk pengendara motor yang seringkali menyalip.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan bahwa menyalip kendaraan panjang seperti truk trailer butuh trik khusus; karena tingkat kesulitannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan menyalip kendaraan kecil.

Baca juga: All New Toyota Starlet Meluncur, Pakai Basis Suzuki Baleno

"Pastikan di awal kendaraan memiliki kecepatan yang cukup, dan pastikan jalannya lurus, serta memiliki blindspot yang kecil," ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sony juga menjelaskan, pengendara juga wajib memperhatikan garis marka jalan;apakah menyambung atau putus-putus. Ini menjadi salah satu penentu boleh atau tidaknya pengemudi menyalip.

Ilustrasi motor menyalip mobilvisordown.com Ilustrasi motor menyalip mobil

Baca juga: Berlaku 6 Juni, Ini 25 Ruas Jalan yang Kembali Terapkan Ganjil Genap

Kemudian, pastikan juga bahwa sudah ada ruang yang cukup sesaat dan setelah mendahului. Pengendara, menurut Sony, paling penting tidak gugup saat melakukannya.

"Ketika faktor di atas sudah memenuhi, maka lakukan dengan penuh kehati-hatian. Dan segera menjauh, karena berada di depan truk berisiko tertabrak akibat rem blong," ucap Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.