Kompas.com - 20/05/2022, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan menjual mobil bekas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar mobil bisa cepat laku dengan harga yang menguntungkan.

Beberapa faktor penting yang mempengaruhi laku atau tidaknya mobil bekas, di antaranya adalah harga kendaraan tersebut serta kelayakan interior, eksterior serta mesin mobil.

Jika ingin dijual cepat, penting bagi penjual untuk memastikan bahwa komponen interior dan eksterior mobil merupakan komponen orisinal, bukan modifikasi.

Baca juga: Sebelum Beli, Ketahui Plus Minus Mobil Bekas Taksi

Kemudian agar harga jual bisa tetap tinggi, Head of Business Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hendro Kaligis menjelaskan pentingnya mengikuti jadwal perawatan berkala dan memiliki asuransi kendaraan dengan perlindungan komprehensif.

"Pertama, mengikuti jadwal perawatan berkala di bengkel resmi. Jadwal perawatan berkala ini sudah disusun sedemikian rupa untuk memastikan kondisi mobil selalu dalam keadaan prima," ucap Hendro.

Calon pembeli mobil bekas umumnya akan melakukan pengecekan terhadap kondisi mesin. Kondisi mesin yang tidak baik berpotensi membuat kendaraan akan memakan lebih banyak biaya perawatan nantinya.

Otospector layanan inspeksi mobil bekasOtospector Otospector layanan inspeksi mobil bekas

Baca juga: Adu Spesifikasi All New Subaru Forester Vs Honda CR-V

Kemudian, asuransi dengan perlindungan lengkap sangatlah penting. Asuransi juga sebaiknya yang menyertakan klausul bengkel resmi dan penggunaan suku cadang asli atau genuine part.

Terakhir, pastikan perbaikan mobil dilakukan di bengkel resmi. Karena, Hendro menjelaskan umumnya pembeli mobil bekas bisa membedakan hasil perbaikan yang dilakukan pada kendaraan tersebut; seberapa tinggi atau rendah kualitas perbaikannya.

"Faktanya, hampir 90 persen mobil di perkotaan mengalami kerusakan body, mulai dari lecet-lecet minor hingga kerusakan karena benturan atau tabrakan sehingga butuh perbaikan di diler terpercaya," ucap Hendro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.