Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Spesifikasi All New Subaru Forester Vs Honda CR-V

Kompas.com - 19/05/2022, 12:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Subaru Forester sudah dipasarkan di Indonesia. Sport utility vehicle (SUV) ini resmi menjadi pesaing dekat Honda CR-V i-VTEC, khususnya untuk varian Forester L.

Sebab, secara kapasitas mesin, kedua mobil ini masih bisa disandingkan. Selain itu, performa yang dihasilkan juga tidak jauh berbeda. Lalu, bagaimana soal fitur dan harganya?

Baca juga: Adu SUV CBU Jepang, Subaru Forester Vs Mazda CX-30

Dilihat dari desainnya, Forester lebih kental dengan nuansa off road. Mobil ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yakni 220 mm. Bagian atapnya juga dilengkapi dengan roof rail.

First Impression Honda CR-VKOMPAS.com/DIO DANANJAYA First Impression Honda CR-V

Sedangkan CR-V, desainnya tampak sporty dengan karakter urban yang kuat. Ground clearance lebih rendah dibanding Forester, hanya 198 mm.

Pada bagian fiturnya, Subaru sudah dibekali dengan teknologi advance driving system yang dinamakan EyeSight. Sementara Honda, menggunakan istilah Honda Sensing.

Baca juga: Plaza Subaru Belum Mau Jual Mobil Listrik atau Hybrid

Namun, untuk varian atau tipe Forester L, tidak disematkan teknologi tersebut. Begitu pula dengan CR-V i-VTEC, juga tidak memiliki Honda Sensing.

All New Subaru ForesterDok. Subaru All New Subaru Forester

Forester sudah dilengkapi dengan head unit berukuran 8 inci dan bisa terkoneksi dengan Android Auto dan Apple CarPlay dan Push Start Button. Sementara CR-V, menggunakan head unit berukuran 7 inci dan bisa dikoneksikan juga dengan smartphone.

Dari sektor mesin, Forester L dibekali mesin Boxer 2.0 L, 4-silinder, non turbo. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 154 tk pada 6.000 rpm dan torsi 196 Nm pada 4.000 rpm.

Honda CR-V Facelift resmi meluncur di IndonesiaHONDA PROSPECT MOTOR/HPM Honda CR-V Facelift resmi meluncur di Indonesia

Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi Lineartronic CVT 7-percepatan. Sistem penggeraknya semua roda alias all-wheel-drive (AWD).

Sementara pada CR-V i-VTEC, mengandalkan mesin 2.0 L, 4-silinder, SOHC, i-VTEC, tanpa turbo. Tenaga yang dihasilkan mencapai 152 tk pada 6.500 rpm dan torsi 189 Nm pada 4.300 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis CVT 5-percepatan.

Untuk harganya, Forester L jauh lebih tinggi, yakni Rp 579,5 juta (OTR Jakarta), dengan status CBU dari Jepang. Sementara CR-V i-VTEC, harganya Rp 515,9 juta (OTR Jakarta), dan sudah dirakit di Indonesia.

Video All New Subaru Forester:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com