Kompas.com - 19/05/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil bekas menjadi alternatif buat Anda yang memiliki modal terbatas. Bila mengincar kendaraan dengan harga lebih rendah namun kualitas bagus, bisa mempertimbangkan untuk membeli mobil bekas taksi.

Berbeda dengan mobil bekas pada umumnya, mobil eks taksi umumnya memiliki jarak tempuh yang lebih jauh karena dipakai sebagai transportasi yang beroperasi lebih sering ketimbang mobil pribadi.

Ada perusahaan taksi yang menawarkan mobil bekas armada taksinya untuk dijual, salah satunya adalah Bluebird Group. 

Baca juga: Modal Rp 100 Jutaan, Bisa Dapat Mercy Eks Taksi

Dikutip dari situs resminya, Bluebird Group menyediakan beberapa pilihan mobil bekas taksi yang bisa dibeli, mulai dari Toyota Limo, Toyota Camry, Toyota Alphard, Honda Mobilio hingga sedan Mercedes-Benz.

Harganya juga beragam, mulai dari Rp 70 jutaan hingga Rp 100 jutaan. Dari segi kondisi, mobil bekas taksi milik Bluebird terbilang baik karena telah melalui proses rekondisi.

Menimbang kelebihan membeli mobil bekas taksi, calon konsumen disuguhkan dengan beberapa pilihan mobil mewah di antaranya sedan Mercedes-Benz dan PV mewah Toyota Alphard.

Mobil-mobil tersebut juga sudah dilepas atribut-atribut taksinya. Kemudian, bodi juga dilakukan pengecatan ulang, dirapikan eksterior dan interior, serta perbaikan di sektor mesin. Jadi, mobil-mobil eks taksi di Bluebird sudah dicek terlebih dahulu sebelum dijual.

Toyota Alphard Bekas TaksiStanly-Kompas.com Toyota Alphard Bekas Taksi

Baca juga: Selain Positif Narkoba, Sopir Bus Maut di Tol Sumo Tidak Punya SIM

Urusan pelat, armada bekas taksi memiliki pelat berwarna kuning. Namun, jika membeli unit bekas taksi maka pihak Bluebird sudah akan mengurus migrasi perpindahan dari pelat kuning ke pelat hitam, sehingga calon konsumen tidak perlu repot.

Jangan lupakan juga, kekurangan dari membeli mobil eks taksi yang pasti, calon konsumen harus lebih memperhatikan keadaan mesin, mengingat jarak tempuh mobil yang pastinya lebih jauh jika dibandingkan mobil pribadi atau mobil bekas pada umumnya.

Pada mobil seperti Toyota Alphard, calon konsumen perlu memperhatikan juga kinerja motor sliding door kendaraan.

Kemudian perlu diingat, fitur pada mobil eks taksi umumnya tidak banyak dibandingkan mobil pada umumnya. Misal, sebagian unit bekas taksi belum dilengkapi dengan power window. Buka tutup jendela dilakukan secara manual dengan menggunakan engkol.

Calon konsumen tetap bisa melakukan upgrade, namun juga harus menyiapkan dana tambahan diluar biaya kendaraan itu sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.