Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Irit Konsumsi BBM Honda Vario 160 dan Aerox 155 Connected

Kompas.com - 28/02/2022, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal 2022, Honda menggebrak dengan meluncurkan Honda Vario 160. Skutik bongsor bergaya sporty ini mengalami ubahan baik di eksterior dan sisi mekanis.

Mengusung jantung serupa punya PCX 160, Vario 160 lebih bertenaga dibanding model lama yaitu Vario 150. Dukungan tenaga tersebut membuat performa Vario 160 jadi lebih menyenangkan.

Sebelumnya Kompas.com sudah membahas desain, fitur dan rasa berkendara dan konsumsi bahan bakar. Kini Kompas.com membandingkan konsumsi BBM antara Vario 160 dengan Aerox 155 Connected.

Baca juga: Gagal Menyalip, Pengendara Motor Nyaris Telindas Truk

Yamaha All New Aerox 155 Connected ABSKompas.com/Donny Yamaha All New Aerox 155 Connected ABS

Untuk Vario 160 tes konsumsi bahan bakar menggunakan metode ukur full-to-full. Cara ini dianggap cukup menggambarkan konsumsi harian dan dekat dengan kebiasaan konsumen.

Test rider Kompas.com memiliki tinggi 168 cm dan bobot 73 kg. Metode yang digunakan full-to-full. Cara ini dianggap cukup menggambarkan konsumsi harian dan dekat dengan kebiasaan konsumen.

Pengendara berusaha berjalan senormal mungkin. Bukaan gas tidak diatur lembut dan kecepatan motor menyesuaikan kondisi jalan. Tujuannya juga tidak mencari nilai konsumsi tertinggi.

Hitung-hitungannya ialah saat dipakai berkeliling kota menghasilkan jarak tempuh 93 km. Kemudian dibagi jumlah konsumsi bensin yaitu 2,005 liter, hasilnya didapat 46,3 km per liter.

Baca juga: Hari Ini Ada Rekayasa Arus Lalu Lintas di Kawasan Puncak Bogor

Honda Vario 160Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda Vario 160

Adapun untuk Aerox 155, test rider Kompas.com punya postur tinggi 155 cm dan berat 57 kg. Metode yang digunakan tetap sama yaitu full -to-full, dan digunakan harian tidak mencari iritan-iritan.

Selama pemakaian beberapa hari, skutik ini sudah menempuh 78 km. Saat bahan bakarnya diisi kembali, tercatat membutuhkan 1,84 liter. Artinya, 1 liter mampu menempuh jarak hingga 42,3 km.

Jika dibandingkan dengan konsumsi rata-rata yang ditampilkan pada panel meter atau MID (Multi Information Display), tertera 40 km/liter, tidak terlalu jauh perbedaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com