Kompas.com - 19/05/2022, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Motor Co., Ltd, kembali mengumumkan akan menjadi sponsor utama dari agenda balap Kejuaraan Dunia yakni Formula One (F1) 2022 Japanese Grand Prix (GP) yang akan berlangsung di Sirkuit Suzuka, Prefektur Mie pada 7- 9 Oktober 2022.

Grand Prix Jepang tahun ini akan diselenggarakan dengan nama resmi “FIA Formula One World Championship Honda Japanese Grand Prix 2022.”

Koji Watanabe, Operating Executive Head of Corporate Communications Supervisory Unit Honda Motor Co., Ltd. mengatakan, pihaknya merasa terhormat kembali menjadi sponsor utama Grand Prix Jepang di sirkuit Suzuka tahun 2022.

Baca juga: Honda SH150i Model Baru Meluncur, Pakai Mesin Vario 160

“Seperti yang pernah kami lakukan sebelumnya pada musim 2018. Pada tahun 2022 ini, sirkuit Suzuka juga merayakan 60 tahun perayaan berdirinya sirkuit tersebut. Total akan ada 10 tim termasuk Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri yang akan tampil memeriahkan perayaan 60 tahun sirkuit Suzuka nanti,” ucap Watanabe, Kamis (19/5/2022).

Sebagai informasi, ajang F1 Japanese Grand Prix pertama kali diadakan pada tahun 1976, dan mulai digelar di Sirkuit Suzuka yang dimiliki oleh Mobilityland Corporation selaku anak perusahaan dari Honda Motor Co., Ltd sejak tahun 1987.

Honda sebelumnya juga pernah menjadi sponsor utama F1 Japanese Grand Prix pada tahun 2018 lalu.

Pebalap Red Bull Racing Max Verstappen (depan) bersama rekan setimnya, Sergio Perez (belakang), memimpin di dua posisi terdepan dalam balapan Formula 1 (F1) GP Emilia Romagna di Sirkuit Internasional Enzo e Dino Ferrari, Imola, Italia, pada Minggu (24/4/2022) malam WIB.AFP/MIGUEL MEDINA Pebalap Red Bull Racing Max Verstappen (depan) bersama rekan setimnya, Sergio Perez (belakang), memimpin di dua posisi terdepan dalam balapan Formula 1 (F1) GP Emilia Romagna di Sirkuit Internasional Enzo e Dino Ferrari, Imola, Italia, pada Minggu (24/4/2022) malam WIB.

Selain itu, pada tahun 2021 lalu sirkuit Suzuka, Jepang juga baru saja mengumumkan perpanjangan kontraknya dengan FIA sebagai penyelenggara ajang balap F1 Japanese Grand Prix hingga tahun 2024 mendatang.

Sementara untuk Honda sendiri masih terus berpartisipasi di ajang balap Formula 1 dengan memasok mesin untuk tim Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri hingga tahun 2025.

Honda sudah mengikuti ajang balap Formula 1 sejak Grand Prix Jerman 1964. Pada tahun 2021 lalu, Honda berhasil mencatatkan podium ke-200 nya di ajang balap Formula 1 setelah Grand Prix Bahrain 2021 dan berhasil mengantarkan Max Verstappen menjadi juara dunia Formula 1 2021 di seri balap Grand Prix Abu Dhabi.

Baca juga: Jadwal IIMS Tahun Depan, Digelar 16-23 Februari 2023

Pada tahun 2022 ini, Honda sudah berhasil mengumpulkan tiga kemenangan yang diraih oleh Max Verstappen dari tim Red Bull Racing di Grand Prix Emilia Romagna, Grand Prix Saudi Arabia dan Grand Prix Miami.

Adapun pada akhir pekan ini, Honda akan kembali melakoni balapan di Grand Prix Spanyol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.