Alternatif Bahan Modifikasi Motorhome, Bisa Pakai Sasis Truk

Kompas.com - 19/05/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kendaraan yang dimodifikasi menjadi motorhome mulai banyak populasinya di Indonesia. Kebanyakan, model yang digunakan adalah MPV besar seperti Toyota Hiace, Hyundai H1, dan sebagainya.

Namun bagi yang ingin tampil berbeda dari kebanyakan orang, ada basis kendaraan lain yang bisa jadi alternatif. Misalnya seperti motorhome dengan basis sasis truk roda empat atau engkel seperti Isuzu NLR 55 TLX atau Mitsubishi FE 71 L.

Winston Wiyanta, Managing Director karoseri Delima Jaya mengatakan, secara ukuran memang masih lebih besar dibanding Hiace, namun masih ideal digunakan di jalanan Indonesia.

Baca juga: Modifikasi Motorhome di IIMS 2022, Siapkan Uang Rp 285 Juta

Beberapa motor home diparkir di Bumi Perkemahan Belitung Timur, (23/11/2015). Motor home adalah kendaraan sejenis karavan yang digunakan jadi semacam penginapan berjalan.KOMPAS.COM/JONATHAN ADRIAN Beberapa motor home diparkir di Bumi Perkemahan Belitung Timur, (23/11/2015). Motor home adalah kendaraan sejenis karavan yang digunakan jadi semacam penginapan berjalan.

“Pembuatan motorhome dari sasis truk roda empat menyesuaikan dengan jalan yang ada di Indonesia. Bentuknya dibuat jangan terlalu panjang dan lebar, agar masih bisa masuk ke jalan-jalan kecil,” ucap Winston kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain itu, biaya membuat motorhome dari sasis truk empat roda ini juga lumayan ekonomis. Namun memang, biaya pembuatannya akan menyesuaikan kembali dengan permintaan dari customer, semakin banyak, bisa semakin mahal.

Baca juga: Video Honda Brio Terobos Macet Pakai Strobo dan Sirene di Malang

“Harga sasisnya berkisar di Rp 295 juta, untuk pembuatan karoseri dan modifikasi berkisar dari Rp 175 juta – Rp 255 juta. Rentang harga yang jauh tergantung dari kebutuhan pembeli dengan barang-barang yang digunakan di RV nya,” ucap Winston.

Dengan ukuran yang lebih besar serta bagian belakang yang dibuat oleh karoseri membuat pelanggan leluasa mendesain tampilannya. Jadi akan semakin unik jika dilihat di jalan raya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.