Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Selalu Ada Bahaya Berkendara di Sisi Ban Truk

Kompas.com - 29/04/2024, 12:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berkendara yang aman perlu punya aturan agar keselamatan lalu lintas tetap berlaku. Bahkan, berkendara dengan jenis kendaraan yang berbeda juga perlu tingkat kewaspadaan lebih tinggi, misalnya berkendara di samping truk, dekat ban.

Dharmawan Edy Susanto, VPC CBU Sales Operation Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), mengatakan, berkendara disamping truk punya risiko bahaya yang besar bagi kendaraan yang punya ukuran lebih kecil, misalnya sepeda motor atau mobil kota.

Sebab, apabila ban truk meledak akan bisa menyebabkan kecelakaan yang fatal bagi pengendara di samping. 

Baca juga: Viral Video Ada Lubang di Tol Merak Arah Jakarta KM 42

Mercedes Benz Actros 2636KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Mercedes Benz Actros 2636

"Ban truk punya ukuran yang besar dengan tekanan angin yang tinggi, apabila pecah akan berbahaya bagi pengendara di samping. Kendaraan bisa rusak dan mental jauh. Maka sebaiknya jangan berkendara di dekat ban truk," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Live MotoGP Spanyol: Bagnaia Terjatuh, Senggolan dengan Binder 

Edy mengatakan, kejadian ban truk meledak tidak bisa diprediksi lantaran tiba-tiba. Secara aturan memang tidak ada regulasi yang mengatur soal posisi berkendara ketika jumpa truk besar.

Tapi, faktanya, truk yang punya dimensi besar menciptakan blind spot yang juga luas. Artinya, objek di sekeliling truk akan lebih rentan tidak terlihat oleh sang sopir.

"Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi para pengguna kendaraan motor yang punya ukuran kecil dan kerap tidak terlihat oleh sopir truk. Maka dari itu sebaiknya jangan berkendara dekat truk," katanya. 

Truk sendiri biasanya punya jumlah ban lebih dari satu, pada satu sisi. Apabila pecahnya dua ban sekaligus, maka akan lebih besar pengaruhnya lantaran embusan angin lebih besar. Situasi ini juga berlaku saat berkendara di samping bus yang punya konstruksi sasis sama dengan truk. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com