Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motorhome Buatan Laksana, Siapkan Dana Rp 300 Jutaan

Kompas.com - 26/04/2022, 15:30 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Karoseri Laksana kini memperlebar divisinya dengan menghadirkan Laksana Individual. Layanan tersebut menawarkan kendaraan yang sesuai dengan kemauan pemesannya.

Salah satu produk dari Laksana Individual adalah Maha Motorhomes. Saat ini sudah ada dua produk dari Maha Motorhomes, yakni Maha Adventure dan Maha Family.

Untuk Maha Adventure, sebenarnya sudah dipamerkan lewat ajang IIMS 2022. Produk ini juga merupakan motorhome dengan basis double cabin hasil kolaborasi antara Karoseri Laksana dan Baze yang membuat kabinnya.

Baca juga: Karoseri Laksana Siapkan Multi-inovasi pada 2022

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Sedangkan Maha Family baru dipamerkan lewat Private Showcase di Ungaran, Jawa Tengah. Kemudian, basis kendaraan yang digunakan juga berbeda, yakni Isuzu Traga.

Berbeda dengan Maha Adventure yang merupakan hasil kolaborasi, Maha Family sepenuhnya dibuat oleh Karoseri Laksana. Jadi bagian eksterior sampai kabinnya adalah rancangan unik dari pabrik di Ungaran.

"Kendaraan Maha ini sangat tepat sekali digunakan para adventurer di Indonesia dalam menjelajahi seluk beluk bangsa yang sangat kaya keindahan alamnya," ucap Stefan Arma, Technical Director CV Laksana di Ungaran belum lama ini.

Baca juga: Mobil Parkir Sembarangan di Perumahan, Langsung Lapor

Maha Family buatan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Maha Family buatan Karoseri Laksana

Ketika redaksi melihat lebih detail, fasia Maha Family ini masih sama dengan Traga pada umumnya. Bedanya di bagian depan sudah dipasang bumper yang modelnya seperti bull bar dan bodi baru dari atap traga sampai ke bagian belakang.

Membahas eksteriornya, Laksana menyajikan produk dengan tampilan yang menarik. Misalnya sudah dipasang awning di sisi kiri serta beberapa laci penyimpanan yang bisa menjadi tempat menaruh barang-barang untuk piknik.

Selain itu, di bagian belakang juga terpasang rak yang bisa digunakan untuk mengangkut sepeda maupun motor. Jadi ketika sudah parkir di tempat piknik, bisa bertualang menggunakan sepeda.

Kabin Maha Family buatan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Maha Family buatan Karoseri Laksana

 

Pada bagian kabin, hadir perasaan nyaman yang disajikan motorhome. Tersedia juga kursi lipat dengan meja di bagian tengah, dapur yang lengkap dengan kompor dan microwave, serta toilet.

Ketika mau beristirahat, tinggal menyusun bangku lipat di tengah menjadi kasur berukuran besar. Selain itu, tersedia juga tempat di bagian atas yang juga bisa menjadi tempat tidur.

Untuk harganya, Stefan mengatakan kalau total biaya akan kembali kepada spesifikasi yang diinginkan pemesan. Mengingat untuk motorhome, setiap pemesan tentu punya referensi desain dan kelengkapan yang berbeda-beda.

"Maha Family harganya tergantung spek, bisa Rp 300 juta sampai Rp 400 juta. Soalnya kan speknya macam-macam," ucap Stefan.

Perlu diingat, harga tadi baru untuk karoserinya saja, alias belum dengan kendaraannya. Jadi siapkan juga uang untuk membeli unit Isuzu Traga yang menjadi basisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com