Kompas.com - 19/05/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren motorhome di Indonesia saat ini memang sedang naik. Apalagi untuk orang yang senang liburan sambil eksplorasi, motorhome cocok untuk digunakan bepergian.

Motorhome sendiri merupakan mobil dengan interior yang sudah dimodifikasi sehingga nyaman untuk ditinggali. Jadi ketika bepergian, tidak perlu lagi cari hotel, tinggal menuju tempat yang aman dan tidur di kabin mobil.

Bagi yang berminat untuk memodifikasi mobilnya menjadi motorhome, apakah ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi dari kendaraan yang menjadi basisnya?

Baca juga: Motorhome Buatan Laksana, Siapkan Dana Rp 300 Jutaan

Saptawara Campervan, Yogyakarta DOK. Instagram.com/saptawara.campervan Saptawara Campervan, Yogyakarta DOK. Instagram.com/saptawara.campervan

Umbu Tedy, Head Division Motorhome Baze, karoseri modifikasi interior kendaraan mengatakan, idealnya bisa mencari mobil dengan bentuk yang mengotak atau boxy agar leluasa di dalam kabinnya.

“Paling kecil bisa Daihatsu Gran Max, Suzuki APV, Nissan Evalia, atau Toyota HiAce itu enak. Motorhome itu kenapa disebut ‘home’ karena jadi rumah, artinya bisa betah tinggal di dalamnya dalam waktu yang lama,” ucap Umbu kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, Managing Director karoseri Delima Jaya Winston Wiyanta juga mengatakan, sebuah mobil yang ideal dijadikan motorhome selama dimensi dalamnya yang mencukupi untuk keperluan camper, seperti sofa bed, toilet, kitchen, meja, dan lain-lain.

Baca juga: Sopir Bus Maut di Tol Sumo Positif Narkoba, Ini Ancaman Hukumannya


“Idealnya, lebar kendaraan tidak kurang dari 1,8 meter, serta panjang tidak kurang dari 5 meter. Dengan begitu, banyak perlengkapan yang bisa dipasang di kabin,” kata Winston.

Memang bisa juga jika memakai mobil dengan dimensi yang lebih kecil, namun ada beberapa fitur yang dihilangkan karena tidak muat. Misalnya jika memakai mobil yang lebih kecil, tidak memiliki dapur atau wastafel.

“Tetap bisa pakai basis kendaraan yang lebih kecil, cuma fiturnya jadi lebih terbatas,” ucap Winston.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.