Hadirkan Bus Listrik, Transjakarta Kerja Sama dengan Switch Limited

Kompas.com - 14/05/2022, 09:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) baru saja menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) dengan penyedia sekaligus produsen bus berbasis listrik Switch Mobility Limited.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan di London pada Jumat (13/5) sore waktu setempat, dalam rangka menghadirkan bus listrik bagi armada Transjakarta.

"Hal ini merupakan bentuk komitmen Transjakarta dalam menghadirkan bus listrik sebagai armada masa depan," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, disitat dari Antara (14/5/2022).

Baca juga: Besok Ada Demo di Jakarta, Pengendara Diimbau Hindari Jalan Ini

Bus Transjakarta melintas di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2022). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali membuka kapasitas angkut 100 persen dari sebelumnya dibatasi 70 persen seiring diturunkannya level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Ibu Kota dari level 3 menjadi level 2.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Bus Transjakarta melintas di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2022). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali membuka kapasitas angkut 100 persen dari sebelumnya dibatasi 70 persen seiring diturunkannya level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Ibu Kota dari level 3 menjadi level 2.

Anies mengatakan, melalui MoU ini diharapkan Transjakarta memiliki akses yang lebih luas kepada penyedia bus listrik tidak hanya lokal, tapi juga dari belahan dunia lain, terutama Inggris.

"Mengingat Inggris memiliki inovasi di bidang teknologi, pembiayaan serta model pengadaan yang cukup berkembang pesat," ucap Anies.

Sementara itu, Direktur Utama PT Transjakarta M Yana Aditya mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya kerja sama tersebut.

Baca juga: Honda HR-V Terbaru Tabrakan Beruntun dengan 8 Mobil, Ini Kronologinya

Ia juga meyakini, kerja sama ini bisa mendukung capaian Net Zero Emission lewat kehadiran bus listrik sebagai transportasi publik di Jakarta.

Yana menambahkan saat ini pihaknya masih dalam tahap penjajakan dengan Switch Mobility Limited.

Rencananya, produsen bus listrik ini akan melakukan uji coba sesuai dengan Standar Pelayanan Minimun (SPM) yang berlaku dari aspek pengujian dan standar operasional Transjakarta.

Baca juga: Viral, Video Warga Cekcok gara-gara Parkir Mobil di Pinggir Jalan

Bus listrik sudah tersedia dan beroperasi di Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (24/3/2022). Berdasarkan laporan mingguan ke-131 dari PT Jakarta Propertindo mencatat bahwa progres realisasi pembangunan stadion yang diproyeksikan berkapasitas 82.000 penonton itu telah mencapai 98,26 persen.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Bus listrik sudah tersedia dan beroperasi di Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (24/3/2022). Berdasarkan laporan mingguan ke-131 dari PT Jakarta Propertindo mencatat bahwa progres realisasi pembangunan stadion yang diproyeksikan berkapasitas 82.000 penonton itu telah mencapai 98,26 persen.

"Kami ingin memastikan pemenuhan kebutuhan implementasi bus listrik bagi pelanggan bisa terpenuhi secara maksimal," kata Yana.

Proses uji coba diharapkan bisa berjalan pada kuartal II-2023. Apabila ujicoba berjalan sesuai harapan, kedua belah pihak bisa melanjutkan kerjasama ini untuk secara resmi beroperasi melayani pelanggan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.