Libur Panjang, Ini Titik Rawan Macet di Kota Bandung

Kompas.com - 14/05/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang long weekend atau libur panjang, Kota Bandung masih menjadi salah satu destinasi wisata pilihan masyarakat khususnya pada akhir pekan.

Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung memetakan sejumlah titik rawan kemacetan dan upaya cara bertindak jika terjadi kepadatan arus kendaraan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung Ajun Kombes Pol Ariek Indra Sentanu menjelaskan, ada beberapa titik rawan yang akan diantisipasi jelang libur panjang, 14 Mei 2022 sampai dengan 16 Mei 2022.

Baca juga: Lalu Lintas Jakarta Sudah Normal Lagi, Mulai Macet di Jam Sibuk

Akan ada personil kepolisian yang ditempatkan di jalur menuju kawasan wisata, seperti kawasan wisata Lembang, yakni Jalan Sukajadi dan Jalan Setiabudi.

One way hingga kanalisasi jalur masuk menuju mal Paris van Java juga sudah disiapkan langkah-langkah rekayasa arus lalu lintas jika terjadi kepadatan.

"One way di Jalan Setiabudi dekat Jalan Cemara dilakukan situasional," ucap Ariek seperti dikutip Kompas Regional, Jumat (13/5/2022).

"Kawasan Asia Afrika kita tempatkan personil dan kanalisasi penyeberang jalan," ucap Ariek.

Polisi melakukan pengaturan arus lalu lintas di jalur wisata Lembang, Bandung Barat, Jumat (6/5/2022).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Polisi melakukan pengaturan arus lalu lintas di jalur wisata Lembang, Bandung Barat, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Besok Ada Demo di Jakarta, Pengendara Diimbau Hindari Jalan Ini

Jalur Pasir Kaliki, di depan mal Paskal, akan diberlakukan buka tutup pintu masuk hingga kanalisasi jalur masuk menuju mal. Kanalisasi juga akan dilakukan di Jalan Raya Cibiru.

Untuk mengantisipasi kemacetan, polisi juga melarang parkir sembarangan di sejumlah titik keramaian, yaitu Jalan Dr Djunjunan, Jalan Taman Sari dekat obyek wisata Bandung Zoo, Jalan Ir H Djuanda dan Jalan Asia Afrika.

Area-area tersebut merupakan kawasan wisata yang digemari pengunjung selama liburan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.