Long Weekend, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Puncak dan Lembang

Kompas.com - 13/05/2022, 20:55 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah masa cuti bersama libur Lebaran 2022, akhir pekan ini masyarakat bakal menyambut kembali libur panjang untuk memperingati Hari Raya Waisak yang akan jatuh pada hari Senin (16/5/2022).

Belajar dari pengalaman sebelumnya, kepolisian pun sudah menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas di beberapa kawasan.

kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, arus lalu lintas di Jawa Barat pada akhir pekan ini diprediksi mengalamami kepadatan.

Baca juga: Viral, Video Warga Cekcok gara-gara Parkir Mobil di Pinggir Jalan

Polisi melakukan rekayasa lalu lintas di Lembang untik mengurai kemacetan, Jumat (6/5/2022).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Polisi melakukan rekayasa lalu lintas di Lembang untik mengurai kemacetan, Jumat (6/5/2022).

Ibrahim mengatakan, pihaknya bakal melakukan sejumlah tindakan yang disesuaikan dengan kondisi lalu lintas di jalur wisata.

Tindakan yang dimaksud berupa pengalihan arus lalu lintas hingga one way di Lembang, Bandung dan Puncak, Bogor.

“Jadi untuk skema arus di Lembang ini kan selalu situasional, kalau untuk kondisi normal masih dua arah, apabila padat maka akan ada one way dengan waktu sesuai kepadatan,” ucap Ibrahim, dilansir dari NTMC Polri (13/5/2022).

Baca juga: Suzuki Resmi Pamit dari MotoGP Akhir Musim 2022

Sebagai informasi, Polda Jabar meningkatkan kegiatan patroli saat long weekend Waisak yang jatuh pada Senin (16/5/2022), untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Atas atensi Kapolda, sudah dilakukan persiapan, sudah diberikan atensi kepada seluruh satuan wilayah untuk mempersiapkan kegiatan rutin yang ditingkatkan, polanya dengan melakukan patroli dan melakukan pengecekan terhadap potensi gangguan Kamtibmas,” ujar Ibrahim.

Selain melakukan patroli ke titik-titik yang dinilai rawan gangguan Kamtibmas, sambung Ibrahim, polisi juga akan melakukan pengecekan ke tempat wisata untuk dapat memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik.

Baca juga: Honda HR-V Terbaru Tabrakan Beruntun dengan 8 Mobil, Ini Kronologinya

Situasi arus lalu lintas di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022).

Hal itu dilakukan mengingat situasi pandemi di Jabar yang masih berada dalam Level 2 sebaran corona.

“Tempat wisata juga dicek, dan berkoordinasi untuk tetap berlakukan Prokes, untuk pembatasan karena memang saat ini Level 2, kapasitasnya disesuaikan dengan Level 2,” kata Ibrahim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.