Suzuki Resmi Pamit dari MotoGP Akhir Musim 2022

Kompas.com - 13/05/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar akan hengkangnya Suzuki dari MotoGP di akhir musim 2022 akhirnya terbukti benar. Secara resmi, pabrikan asal Jepang ini menyatakan akan keluar dari kejuaraan dunia tersebut.

Dikutip dari Crash.net, Kamis (12/5/2022), Suzuki undur diri dengan alasan kondisi finansial. Alasan tersebut sama seperti ketika Suzuki pamit dari MotoGP di akhir musim 2011.

Baca juga: Sudah Ada Tim Balap yang Siap Gantikan Slot Suzuki di MotoGP

Dengan keluarnya Suzuki dari MotoGP, berarti melanggar kontrak dengan Dorna Sports selaku promotor. Untuk itu, masih ada beberapa urusan hukum yang perlu diselesaikan yang saat ini masih didiskusikan.

Joan Mir berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2020Foto: Istimewa Joan Mir berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2020

"Suzuki Motor Corporation sedang dalam diskusi dengan Dorna terkait kemungkinan mengakhiri partisipasi di MotoGP pada akhir 2022," tulis keterangan resmi Suzuki.

"Sayangnya, situasi ekonomi sekarang ini dan kebutuhan untuk berkonsentrasi pada upaya untuk perubahan besar yang dihadapi dunia otomotif selama beberapa tahun ini, memaksa Suzuki untuk mengalihkan dana dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi baru," lanjut keterangan tersebut.

Baca juga: Suzuki Cabut dari MotoGP, Joan Mir Serahkan Masa Depan ke Agen

"Kami ingin menunjukkan penyesalan yang dalam pada Suzuki Ecstar Team kami, pada semua yang sudah mendukung aktivitas balap motor Suzuki selama bertahun-tahun dan pada semua penggemar Suzuki yang telah memberikan dukungan yang antusias," tulis keterangan tersebut.

Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.Dok. Suzuki Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.

Dari pernyataan Dorna, disebutkan bahwa Suzuki juga mempertimbangkan untuk mengakhiri aktivitas balap lainnya, karena alasan yang sama.

Saat ini, belum diketahui bagaimana nasih kedua pebalap Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir, untuk musim depan. Belum lama ini, tim balap Leopard Racing menyatakan keinginannya untuk naik ke MotoGP. Kemungkinan besar tim tersebut akan menggandeng Aprilia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.