Spesifikasi Motor Balap Suzuki GSX-RR yang Sebentar Lagi Pensiun

Kompas.com - 13/05/2022, 15:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki resmi menyatakan untuk pamit dari MotoGP pada akhir musim 2022. GSX-RR yang sudah meraih satu kali gelar juara dunia ini akan dipensiunkan.

Motor balap ini digunakan oleh Suzuki saat kembali ke MotoGP pada 2015. Untuk dimensinya, GSX-RR memiliki panjang 2.096 mm, lebar 720 mm, dan tinggi 1.140 mm.

Baca juga: Suzuki Resmi Pamit dari MotoGP Akhir Musim 2022

Spesifikasi Suzuki GSX-RRDok. Suzuki Spesifikasi Suzuki GSX-RR

Jarak sumbu rodanya mencapai 1.457 mm. Sedangkan bobotnya, menyentuh angka 157 kg dengan kapasitas tangki bensin 22 liter. Banyak material ringan yang kuat, seperti titanium dan serat karbon, yang digunakan pada motor ini.

Untuk dapur pacunya, GSX-RR dibekali mesin 4-silinder segaris (inline-4), 4-tak, DOHC, berpendingin cairan, dan memiliki 4 katup. Sesuai dengan regulasi, kapasitas mesinnya hanya 1.000 cc.

Baca juga: Kiprah Suzuki Setelah Kembali ke MotoGP pada 2015 hingga 2022

Spesifikasi Suzuki GSX-RRDok. Suzuki Spesifikasi Suzuki GSX-RR

Tapi, tenaga maksimum yang dapat dihasilkan diklaim dapat mencapai 238 tk. Kecepatan maksimum yang dapat ditempuh GSX-RR melebihi 340 kilometer per jam.

Mesinnya dikombinasikan dengan girboks seamless yang memiliki 6-percepatan. Mesinnya disematkan pada sasis twin-spar yang terbuat dari aluminium.

Spesifikasi Suzuki GSX-RRDok. Suzuki Spesifikasi Suzuki GSX-RR

Pada sektor kaki-kaki, Suzuki mengandalkan suspensi Ohlins, baik pada bagian depan maupun belakang. Sedangkan rodanya, didukung oleh ban Michelin dengan diameter 17 inci. Kelistrikannya menggunakan ECU standar dari Magneti Marelli.

Selama berkiprah sejak 2015 hingga sekarang, GSX-RR sudah meraih satu pole position, 34 podium dengan lima kemenangan di antaranya, serta satu gelar juara dunia.

Spesifikasi Suzuki GSX-RRDok. Suzuki Spesifikasi Suzuki GSX-RR

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.