Cara Mudah Hilangkan Kotoran Burung Menempel di Bodi Mobil

Kompas.com - 13/05/2022, 20:53 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Saat memarkirkan mobil luar ruangan pemilik mobil lebih banyak yang memilih di bawah pohon rindang.

Cara ini dianggap membuat mobil terlindungi dari terik matahari dan hujan, parkir kendaraan di bawah pohon menjadi banyak dipilih pemilik mobil. 

Baca juga: Cara Wuling Motors Goda Konsumen

Akan tetapi, memarkirkan mobil di bawah pohon dapat membuat cat mobil rentan kotor karena ulah burung yang membuang kotoran sembarangan di atas kendaraan.

Bahkan, jika tidak langsung dibersihkan kotoran burung akan menempel di bodi mobil.
Kepala Bengkel Body & Paint Auto2000 Sunter Yuly Kridiawan mengatakan, kotoran burung bersifat asam sehingga dapat merusak cat mobil.

“Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan dengan air dan dibasuh perlahan-lahan. Kemudian berikan lapisan wax pada permukaan untuk menghilangkan noda yang membekas,” ucap Yuly kepada Kompas.com.

Salah satu burung cenderawasih, saat berada di salah satu spot lokasi pengamatan burung cenderawasih di Kampung Tablasupa, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua.KOMPAS.COM/Papua Diving Academ Salah satu burung cenderawasih, saat berada di salah satu spot lokasi pengamatan burung cenderawasih di Kampung Tablasupa, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua.

Apabila dengan tersebut sudah dilakukan namun bekasnya masih ada, cat mobil yang terkena kotoran burung di amplas dengan grid amplas 1.500 – 2.00. Kemudian, dilanjutkan dengan metode pemolesan.

“Jika sudah dipoles noda kotoran burung masih membekas, maka cara terakhir yaitu dengan pengecatan,”kata Yuly.

Baca juga: Honda HR-V Terbaru Tabrakan Beruntun dengan 8 Mobil, Ini Kronologinya

Yuly menyarankan untuk melakukan perawatan berkala pada cat mobil. Mulai dari melakukan pemolesan hingga memberikan lapisan wax untuk melindungi lapisan cat.

Bila terpaksa parkir di bawah pohon, segera bersihkan kotoran burung dan jangan menundanya. Langkah ini dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan cat mobil yang lebih parah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.