Video Hewan Menyeberang Jalan Tol Bikin Celaka, Apakah Boleh Ditabrak?

Kompas.com - 13/05/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan di jalan tol bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah binatang yang menyeberang.

Bisa dilihat pada video yang diunggah akun dashcam Indonesia di Instagram. Terlihat truk yang bermuatan minyak hilang kendali karena menghindari binatang yang menyeberangi jalan tol.

Truk sedang berada di lajur kanan dalam posisi ingin menyalip. Namun, tidak lama truk tersebut oleng bahkan sampai terguling ke sisi tengah jalan tol.

Baca juga: Begini Cara Mengurangi Angka Kecelakaan Truk, Menurut KNKT

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Lalu jika berada pada kondisi seperti truk tadi, lebih baik tabrak binatang yang lewat atau mengerem dengan keras?

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, pertama lihat dahulu ukuran binatang yang menyeberang tadi, apakah besar atau kecil.

"Binatang yang ukurannya kecil seperti kucing, anjing, dan lain-lain kalau menyeberang jalan ditabrak saja. Tapi menabraknya itu dengan kecepatan yang dikontrol, alias direm sebelumnya," ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (12/5/2022).

Baca juga: Ini Sederet Keunggulan yang Bikin New Pajero Sport Laku Keras di Tanah Air

Dengan kecepatan yang berkurang, jika memungkinkan, posisikan hewan di tengah mobil sehingga bisa masuk kolong.

Tapi, kalau sampai memutar setir dalam kecepatan tinggi, khawatir mobil jadi hilang kendali dan celaka. Jikalau sampai harus menabrak sampai mati, mobil bisa berhenti di tempat yang aman untuk mengambil dan mengubur binatang tersebut.

"Enggak boleh juga ngerem mendadak kecuali kondisi lalu lintas di belakang kosong," ucap Sony.

Namun, hal tersebut tidak disarankan karena kondisi lalu lintas di Indonesia yang jarang sepi. Selain itu, masih sedikit pengemudi yang mengecek belakang saat rem mendadak, sehingga rawan kena tabrak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.