BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Mitsubishi

Ini Sederet Keunggulan yang Bikin New Pajero Sport Laku Keras di Tanah Air

Kompas.com - 12/05/2022, 08:03 WIB

KOMPAS.com - Sejak meluncur pada awal 2021, kehadiran New Pajero Sport dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mampu menarik perhatian pencinta otomotif Tanah Air.

Pasalnya, selain memiliki tampilan gahar dan mewah, New Pajero Sport juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi unggulan. Tak heran jika mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) tersebut laku keras di pasar Indonesia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Juni 2021, New Pajero Sport menjadi pemimpin pasar dengan lebih dari 60 persen pangsa pasar di segmen medium SUV kelas 2.500 cc (4×2 dan 4×4).

Bahkan, New Mitsubishi Pajero Sport masuk dalam urutan ke-12 di daftar mobil paling laris untuk semua jenis.

Adapun seri Pajero Sport terbaru terdiri dari enam tipe yang dijual dengan harga berbeda, yaitu Dakar Ultimate 4x4 AT seharga Rp 734 juta, Dakar Ultimate 4x2 AT senilai Rp 625 juta, Dakar 4x2 AT seharga Rp 576 juta, Exceed 4x2 AT seharga Rp 518 juta, Exceed 4x2 MT seharga Rp 503 juta, dan GLX 4x4 MT Rp 568 juta.

Untuk warna, Mitsubishi menyediakan lima pilihan pada masing-masing tipe, yakni graphite gray, deep bronze, quartz white pearl, sterling silver, dan jet black mica.

Selain itu, Pajero Sport versi teranyar juga hadir dengan berbagai keunggulan dari seri sebelumnya. Berikut ulasannya.

Performa

Sebagai kendaraan berjenis SUV, Mitsubishi membekali New Pajero Sport dengan mesin terbaik di kelasnya.

Pada varian GLX 4x4 dan Exceed 4x2, misalnya, Mitsubishi membekali kedua varian tersebut dengan mesin empat silinder 2,5 liter common rail turbo berkode 4D56.

Mesin itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 136 Pferdestarke (PS) pada 4.000 revolutions per minute (rpm) dan diawali torsi puncak 324 newton meter (Nm) di 2.000 rpm.

Selain itu, varian tersebut juga tersedia dengan pilihan transmisi manual dan otomatis yang dilengkapi lima percepatan.

Sementara, tiga varian di atasnya, yaitu Dakar dan Dakar Ultimate, sudah menggunakan mesin diesel dengan kode 4N15 berkapasitas lebih kecil yaitu 2,4 liter VGT-Intercooler.

Tenaga yang dikeluarkan mesin tersebut mencapai 181 PS pada 3.500 rpm dan torsi maksimum 43,5 kilogram meter (kgm).

Performa Pajero Sport terbaru itu didukung transmisi otomatis delapan percepatan dengan konfigurasi sport sequential. Untuk diketahui, konfigurasi perpindahan gigi tersebut umum digunakan pada mobil balap.

Sementara, untuk varian Dakar Ultimate 4x4, Mitsubishi sudah melengkapinya dengan sistem penggerak 4WD Super Select-II dan tombol dial untuk mempermudah pergantian dari 2WD ke 4WD.

Sistem tersebut juga didukung dengan mode off road, yaitu Gravel, Mud/Snow, Sand, dan Rock.

Fitur

New Pajero Sport hadir dengan berbagai macam fitur terbaik. Pada varian Dakar Ultimate 4x2 dan 4x4, keduanya dilengkapi dengan fitur Power Back Door dengan kick censor.

Dengan fitur tersebut, pengendara hanya perlu menggerakkan kaki di bawah bumper untuk membuka bagasi belakang secara otomatis.

Selain itu, ada juga fitur Mitsubishi Remote Control pada dua tipe New Pajero Sport Dakar Ultimate.

Fitur tersebut dapat terhubung dengan smartphone dan berfungsi untuk memudahkan pengoperasian power tailgate, mencari posisi parkir, serta mendapatkan informasi seputar kendaraan.

Soal keamanan, New Pajero Sport juga sudah dilengkapi dengan fitur dan sistem keselamatan terbaik.

Fitur tersebut di antaranya Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), ISOFIX Child Seat, dan immobilizer yang hadir pada semua tipe New Pajero Sport.

Tak hanya itu, ada juga airbag yang disematkan pada New Pajero Sport. Adapun, untuk varian Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT, Mitsubishi melengkapi kendaraan tersebut dengan tujuh buah airbag.

Sementara, varian GLX 4x4 MT, Exceed 4×2 MT dan Exceed 4×2 AT hanya dilengkapi dengan dua airbag.

Tak hanya itu, tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT juga sudah dilengkapi dengan fitur tambahan lain, seperti Brake Assist, Active Stability and Traction Control, Hill Start Assist (HSA), Trailer Stability Assist (TSA), dan Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS).

Sementara untuk varian Dakar Ultimate 4×2 AT dan Dakar Ultimate 4×4 AT, fitur yang disematkan adalah Adaptive Cruise Control, Forward Collision Mitigation System (FCM), Blind Spot Warning (BSW), Lane Change Assist (LCA), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Eksterior dan interior

Sebagai kendaraan premium, masing-masing varian dari New Pajero Sport telah dilengkapi dengan berbagai kelebihan.

Dari sisi tampilan luar atau eksterior, misalnya, setiap tipe memiliki perbedaan. Tipe GLX 4×4 MT, Exceed 4×2 MT dan Exceed 4×2 AT dibekali dengan lampu jenis halogen, baik untuk lampu utama maupun lampu kabut.

Sementara, pada tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT, ketiganya telah dibekali dengan lampu LED, baik untuk lampu utama, sein, lampu kabut, maupun lampu active cornering lamp yang berfungsi untuk menerangi jalan secara otomatis saat melewati jalur menikung atau berliku pada malam hari.

Ketiga varian Pajero Sport tersebut juga sudah dilengkapi dengan headlamp washer yang berfungsi untuk membilas lampu utama ketika terdapat kotoran.

Untuk bagian velg, tipe GLX 4x4 MT masih menggunakan ukuran velg 16 inci. Sementara tipe Exceed 4×2 MT, Exceed 4×2 AT, Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT sudah menggunakan velg 18 inci.

Berbeda dengan Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT menggunakan velg dengan desain two tone sehingga tampilannya lebih modern dan tangguh.

Untuk bagian interior, tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT telah dilengkapi dengan tuas transmisi dan jok berlapis kulit pada bagian setir.

Tak hanya itu, kemewahan ketiga varian teratas tersebut juga semakin terlihat berkat kehadiran layar display meter berukuran 8 inci yang bisa diatur sesuai dengan preferensi dan informasi yang dibutuhkan.

Kemewahan yang dimiliki ketiga varian tersebut tak sampai di situ. Pasalnya, kendaraan tersebut juga telah dilengkapi oleh power outlet atau soket USB dengan tegangan sebesar 150 watt atau 220 volt.

Berkat itu, pengemudi dan penumpang Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT tak perlu khawatir kehabisan daya ponsel selama berkendara. Terlebih, daya listrik yang disediakan cukup besar.

Itulah tadi segala kelebihan yang ditawarkan oleh New Pajero Sport. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi tautan berikut.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.