Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Hewan Menyeberang Jalan Tol Bikin Celaka, Apakah Boleh Ditabrak?

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan di jalan tol bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah binatang yang menyeberang.

Bisa dilihat pada video yang diunggah akun dashcam Indonesia di Instagram. Terlihat truk yang bermuatan minyak hilang kendali karena menghindari binatang yang menyeberangi jalan tol.

Truk sedang berada di lajur kanan dalam posisi ingin menyalip. Namun, tidak lama truk tersebut oleng bahkan sampai terguling ke sisi tengah jalan tol.

Lalu jika berada pada kondisi seperti truk tadi, lebih baik tabrak binatang yang lewat atau mengerem dengan keras?

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, pertama lihat dahulu ukuran binatang yang menyeberang tadi, apakah besar atau kecil.

"Binatang yang ukurannya kecil seperti kucing, anjing, dan lain-lain kalau menyeberang jalan ditabrak saja. Tapi menabraknya itu dengan kecepatan yang dikontrol, alias direm sebelumnya," ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (12/5/2022).

Dengan kecepatan yang berkurang, jika memungkinkan, posisikan hewan di tengah mobil sehingga bisa masuk kolong.

Tapi, kalau sampai memutar setir dalam kecepatan tinggi, khawatir mobil jadi hilang kendali dan celaka. Jikalau sampai harus menabrak sampai mati, mobil bisa berhenti di tempat yang aman untuk mengambil dan mengubur binatang tersebut.

"Enggak boleh juga ngerem mendadak kecuali kondisi lalu lintas di belakang kosong," ucap Sony.

Namun, hal tersebut tidak disarankan karena kondisi lalu lintas di Indonesia yang jarang sepi. Selain itu, masih sedikit pengemudi yang mengecek belakang saat rem mendadak, sehingga rawan kena tabrak.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/13/080200115/video-hewan-menyeberang-jalan-tol-bikin-celaka-apakah-boleh-ditabrak-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke