Kompas.com - 09/05/2022, 09:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan pengecekan mobil ulang merupakan salah satu kegiatan yang penting untuk dilakukan pemilik. Apalagi setelah melakukan perjalanan jauh merayakan Lebaran di kampung halaman.

Hal tersebut dalam upaya memastikan kendaraan selalu dalam keadaan prima sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari saat Anda kembali beraktivitas normal.

Pengecekan ini tentunya tidak hanya mesin dan komponen berkaitan saja tetapi ada empat cairan utama yang juga perlu diperhatikan. Kebanyakan pemilik, cukup abai terhadap keberadaan cairan terkait.

Baca juga: Lebih Baik Servis Mobil Setiap Bulan atau per Kilometer?

Tabung reservoir air wiper Foto: Peugeot Tabung reservoir air wiper

Padahal, sebagaimana dikatakan Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, empat cairan yang dimaksud merupakan pendukung kerja komponen yang secara fungsi tidak bisa diabaikan.

"Mesin dan komponen itu masuk dalam pengecekan standar, tetapi tak kalah penting lagi beberapa komponen bekerja dengan mengandalkan cairan," katanya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

"Nah, cairan yang wajib diperiksa tersebut seperti oli mesin, minyak rem, radiator, dan wiper. Semua bisa dipantau sendiri tanpa harus ke bengkel, bila memang sudah berkurang baiknya ditambah," lanjut Suparman.

Menurutnya, untuk pengecekan utama dapat dilakukan dengan melihat volume oli mesin dari mobil yang telah digunakan menempuh ribuan kilometer (km).

Baca juga: Orang yang Tidurnya Ngorok Tidak Disarankan Nyetir Mobil

Dipstick oli pada mesin mobilwww.automobilexyz.com Dipstick oli pada mesin mobil

Caranya cukup mudah, tinggal melihat dari dipstik atau tongkat takaran oli yang ada di ruang mesin. Bila posisinya masih di tengah-tengah antara E (empty) dan F (full) berarti kondisinya normal.

Apabila ternyata sudah berkurang, pemilik tidak perlu menambahkannya. Sebab asal main menambahkan oli sendiri bisa berisiko karena bisa jadi volumenya nanti kelebihan. Maka, serahkan ke pihak yang ahli saja.

Setelah itu, dilanjut dengan cek kondisi cairan radiator. Cek seberapa banyak air yang ada pada radiator mobil, ini juga bisa dilakukan sendiri dengan membuka kap mesin lebih dulu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.